Peringati Hari Pramuka MI Islamiyah Subah Gelar PERSAMI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
* Suasana PERSAMI di MI Islamiyah Subah Batang

Batang – Dalam rangka memperingati hari Pramuka yang 61, Gudep MI Islamiyah Subah menggelar kegiatan perkemahan Sabtu-Minggu (PERSAMI) dilingkungan madrasah pada Sabtu-Minggu (13-14/08) yang lalu. Kegiatan itu diikuti oleh seluruh siswa kelas 5 dan 6 yang dibagi menjadi beberapa regu. Meskipun sorenya diguyur hujan namun tampak diwajah-wajah mereka tetap semangat mengikuti kegiatan itu.

Kepala MII Islamiyah Subah sebagai Ketua Mabigus H. Muhammad Sujud dalam keterangannya menyampaikan bahwa fihaknya sengaja menggelar kegiatan Persami di Madrsasahnya itu selain untuk memperingati hari Pramuka, juga memberikan kegiatan pada siswa yang beberapa tahun sebelumnya sempat vakum karena pandemic covid.

” Kegiatan ini selain untuk memperingati hari Pramuka, juga bertujuan untuk melepaskan dahaga kegiatan anak-anak setelah sekian tahun vakum tidak ada kegiatan karena pandemi virus Corona,” kata H. Muhammad Sujud .

Dia juga menegaskan bahwa kemeriahan 2 hari 1 malam itu tidak mungkin terlahir dari ruang kosong artinya dua bulan sebelumnya semua siswa sudah mengikuti kegiatan kepramukaan yang dibimbing langsung kakak pembina yang tidak lain semua dewan guru MII Subah sendiri.

” Meskipun waktu 2 bulan itu sangat singkat dan sangat sulit untuk menjawab seberapa dalam pemahaman adik-adik tentang Pramuka, namun kami kira cukup untuk sebatas mengenalkan dasar-dasar kepramukaan,” tegasnya.

Dia berharap Latihan kepramukaan di pangkalan MII Subah bisa tetap konsisten dan bukan sebaliknya hanya latihan ketika akan ada even kepramukaan saja.

* Tampak peserta PARSAMI sedang mengaplikasikan salah satu ilmu simpul dan ikatan

“ Pramuka adalah hal penting untuk membekali anak-anak tentang kebangsaan, kemandirian, dan kedisiplinan,” jelasnya.

Senada dengan Kamabigus, Ketua panitia Persami kakak Ahmad Musta’in menyampaikan bahwa acara berjalan sangat meriah dan lancer meskipun banyak kekurangan disana-sini. Dia memohon maaf karena persiapan yang kurang maksimal dan benturan kegiatan-kegiatan lain yang ada di Madrasah.

“Peserta sangat semangat, mereka sudah datang pukul 11:00 WIB, padahal kedatangan peserta dijadwalkan pukul 13:30 WIB,” kata Ahmad Musta’in.

Dia juga menerangkan terkait persiapan yang kurangmaksimal tersebut, dia memberi evaluasi agar selanjutnya kedepan harus menambah personal kepanitiaan, bisa diambilkan dari alumni atau kakak-kakak Dewan Kerja Ranting (DKR) Subah.

” Kami membagi semua peserta menjadi 10 regu (5 regu putra dan 5 regu Puteri) dengan komposisi regu random antara kelas 5 dan 6 agar mereka saling mengenal,” katanya.

Materi kegiatan yang disajikan dalam kegiatan Persami ini adalah materi Syarat Kecakapan Umum (SKU) Penggalang Ramu yang dikemas dalam bentuk game. Sedang dalam kegiatan jelajah alam hari Minggu siang dibagi menjadi 10 pos dengan materi Semaphore, morse, pengetahuan umum, sandi, menaksir ketinggian, PBB, Toga, tali temali, Agama, dan haling rintang. Sementara di malam akhir digelar acara api unggun dan pentas seni. (Abdul Cholik/Zy_humas/rf)