Perpustakaan MTsN 2 Magelang, Sumber Belajar yang Nyaman dan Lengkap

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Perpustakaan madrasah yang dikelola dengan baik dapat mengembangkan dan menumbuhkan minat baca, literasi informasi, bakat dan kecerdasan intelektual dan spiritual para siswa, guru dan tenaga kependidikan melalui penyediaan sumber belajar.

Belajar di perpustakaan dapat memberikan suasana baru dengan fasilitas terintegrasi sehingga para siswa menemukan sensasi belajar baru yang tidak ditemukan di kelas. Sebagaimana dialami oleh para siswa MTsN 2 Magelang yang terpilih untuk menyiapkan diri menghadapi lomba Kompetisi Sains Madrasah (KSM).

Kepala MTsN 2 Magelang, Dra. Sholihah, MSI, Senin, 08/08/2022, di Rang Kerjanya menyampaikan dalam rangka meningkatkan prestasi akademik, pihaknya telah mempersiapkan sejak dini dengan pemusatan latihan menghadapi lomba-lomba akademik seperti KSM.

“Untuk menyiapkan diri menghadapi Kompetisi Sains Madrasah (KSM), kami melakukan pemusatan latihan di Gedung Perpustakaan. Harapananya dengan belajar di perpustakaan akan mampu menyiapkan diri berlatih secara maksimal dan lebih segar dengan suasana baru,” kata Sholihah.

“Kita jadikan perpustakaan sebagai tempat pemusatan latihan belajar agar dapat memperkaya pengalaman belajar siswa selain diruang kelas. Biar siswa tidak merasa bosan,” imbuh Sholihah.

Kebijakan tersebut mendapat apresiasi positif dari para siswa dan Guru Pembimbing. Mereka selama seminggu memanfaatkan Perpustakaan untuk belajar dan berlatih materi berbagai mata pelajaran seperti Matematika, IPA dan IPS terpadu dengan buku-buku dan Ebook yang tersedia.

“Belajar di perpustakaan memang lebih nyaman dan dapat menanamkan kebiasaan belajar mandiri sekaligus mempercepat penguasaan materi,” kata Heni Isnayanti, Guru Pembimbing.

Dalam pemusatan pelatihan tersebut para siswa diajak untuk mempelajari materi dengan mencari berbagai sumber bacaan secara mandiri. Guru pendamping hanya memberikan penjelasan terkait materi yang dibahas selanjutnya siswa secara aktif mencari sumber bacaan lain yang tersedia perpustakaan.

“Kita jelaskan materi pola bilangan lalu saya minta siswa untuk mencari contoh soal terkait materi tersebut melalui sumber bacaan yang ada di perpustakaan,” kata Heni Isnayanti.

Nyamannya Perpustakaan Baitul Hikmah MTsN 2 Magelang, tidak lepas dari kerjasama yang telah dilakukan madrasah dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispuspa) Kabupaten Magelang. Melalui kerjasama tersebut Perpustakaan dapat melaksanakan Akreditasi Perpustakaan, peningkatan kompetensi Pustakawan, kegiatan Kunjungan Perpustakaan (Tour Library), dan Lomba Perpustakaan.(Kf-m45k/Sua)

Para siswa mengikuti pemusatan latihan persiapan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) di Perpustakaan, Senin, 08/08/2022.