Persami MTSN 3 Magelang, Implementasikan Kurikulum Merdeka

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Pramuka mempunyai arti praja muda karana yang bermakna anak muda yang suka berkarya, diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) 3 Magelang pada hari Sabtu, (13/08/2022) selenggarakan kegiatan Perkemahan Sabtu Malam Minggu (persami) dalam rangka peringati Hari Pramuka.

Kegiatan upacara bendera persami diikuti oleh seluruh warga MTSN 3 Magelang. Upacara Persami dilaksanakan dengan khidmat. “Seorang praja muda karana harus memiliki kepribadian yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlakul karimah, disiplin, gotong-royong, tanggung jawab dan mempunyai cita-cita yang tinggi,” pesan Kepala MTSN 3 Magelang, Muhammad Fathul Mubin dalam sambutannya.

Persami dibuka dengan Peluncuran roket air oleh Kepala MTSN 3 Magelang. Roket air yang meluncur ke langit merubah seluruh atmosfir lingkungan madrasah menjadi lebih hidup. Hal tersebut bisa terlihat dari pembukaan persami yang awalnya terlihat khidmat dan sunyi berubah menjadi meriah dan menarik. Filosofi peluncuran roket air tersebut menyimpan sebuah harapan, melejitnya MTSN 3 Magelang dalam segala hal baik prestasi dan hal positif yang lainnya.

Kegiatan Persami diikuti oleh siswa siswi kelas 7 dan 8  serta seluruh guru dan pegawai bagian Tata Usaha MTsN 3 Magelang. Tujuan dari kegiatan disampaikan oleh Kepala Madrasah, “Supaya mampu membentuk karakter siswa-siswi MTSN 3 menjadi generasi  yang diharapkan oleh bangsa,” ungkap Muhammad Fathul Mubin.

Usai upacara pembukaan, siswa-siswi mengikuti kegiatan sesuai dengan rundown Persami, diantaranya lomba memasak, PBB, tadarus, api unggun, qiyamul lail, sholat subuh berjamah, senam pagi dan bersih lingkungan, di lanjutkan dengan upacara penutup.

Kegiatan Persami tidak hanya melibatkan guru dan siswa saja, akan tetapi melibatkan lembaga luar yakni kerjasama antara MTSN 3 Magelang dengan lembaga Komando Rayon Militer (Koramil) 04 Windusari dalam kegiatan PBB guna melatih kedisiplinan siswa siswi MTSN 3 Magelang.

“Dari rangkaian kegiatan Persami, kita berharap mampu mengimplementasikan kurikulum merdeka kepada siswa-siswi MTSN 3 Magelang,” ungkap Muhammad Fathul Mubin. Kegiatan Persami akan menjadi kegiatan yang sangat mendukung pendidikan karakter yang mengedepankan kurikulum merdeka untuk siswa-siswi kelas 7 dan 8 MTSN 3 Magelang.

Semua kegiatan kepramukaan berlandaskan semangat gotong-royong, tenggang rasa, toleransi dan kreativitas, yang sejalan dengan Kurikulum Merdeka dan Profil Pelajar Pancasila. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 63 Tahun 2014 tentang Kepribadian Kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Implementasi Kurikulum Merdeka memberikan ruang penguatan karakter pada Kegiatan Pramuka.(FS/Sua)