081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Praktik Mengajar Memantapkan Mahasiswa Menjadi Calon Pendidik Profesional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab. Pekalongan –Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau Praktik Mengajar yang diikuti oleh para mahasiswa Program Studi PGMI FTIK UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan diharapkan membekali dan memantapkan kompetensi mahasiswa untuk menjadi pendidik yang profesional. Demikian ditandaskan Juwita Rini, M.Pd, Kajur PGMI sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan pada acara penerjunan dan penyerahan mahasiswa PPL di MI Sullam Taufiq Kajen pada Rabu, (10/8/2022)

“Praktik mengajar ini sangat penting untuk memberikan pengalaman riil bagi mahasiswa bagaimana mengajar di kelas nyata. Di sini saatnya para mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang secara teoritis telah dipelajari di kampus. Pengalaman berharga ini tentu akan melengkapi kompetensi para mahasiswa sebagai calon pendidik.” jelas Juwita.

Juwita mengingatkan bahwa sebagai calon pendidik para mahasiswa harus memiliki 4 kompetensi yakni kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Karenanya mahasiswa dituntut tidak hanya memiliki kecakapan dalam melaksanakan pembelajaran tetapi juga mampu berinteraksi dengan warga madrasah dan menjadi teladan bagi peserta didik.

Sementara itu, M. Syaikhul Alim selaku Kepala MI Sullam Taufiq menyambut baik kehadiran adik-adik mahasiswa PPL dari UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan di MI Sullam Taufiq Kajen.

“Ini merupakan bagian dari implementasi MOU yang telah ditandatangani pihak kampus dengan madrasah yang selama ini telah berjalan baik dalam bentuk PPL maupun pelatihan-pelatihan yang digelar pihak kampus yang alhamdulillah selalu diikuti guru-guru kami,” ujar Syaikhul Alim.

Kepada para mahasiswa Syaikhul Alim berpesan untuk memanfaatkan waktu 45 hari selama PPL dengan sebaik-baiknya dengan menimba pengalaman sebanyak-banyaknya baik dalam hal kegiatan belajar mengajar, manajemen madrasah, budaya madrasah dan banyak hal lain terkait pengelolaan madrasah.

“Mudah-mudahan harapan adik-adik mahasiswa untuk menimba pengalaman riil di MI Sullam Taufiq sebagai bekal menjadi pendidik yang profesional di masa depan dapat terpenuhi.” pungkasnya.(Msa/Ant/bd).