Rakor KSM Tingkat Kota dibuka Kakankemenag Kota Salatiga

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Rabu (3/7/22) menggelar giat Rapat Koordinasi (Rakor)  Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kota Salatiga Tahun 2022 di Aula Kantor Kemenag Kota Salatiga.

Giat diikuti 20 orang terdiri dari Kepala Madrasah dari Tingkat MI, MTs dan MA dan dihadiri Kepala Kantor Kemenag Kota Salatiga, Kasi Pendidikan Madrasah, Pengawas dan Ketua Komite KSM Tingkat Kota.

Kepala Kemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman dalam sambutannya mengatakan  dunia pendidikan memuat beberapa hal berkaitan dengan development indeks  pendidikan. Human Development Index (HDI) dapat mencerminkan bagaimana posisi sebuah negara dengan negara lain dalam tingkat kesejahteraan masyarakat yaitu pembangunan manusianya termasuk di dalamnya pembangunan di bidang pendidikan. Di negara kita development indeks pendididkan masih rendah bila dibandingkan dengan negara lain. Tapi di sisi lain banyak menorehkan prestasi di beberapa hal, salah satu sisi siswa madrasah berprestasi dalam bidang KSM.

“Sejak pertama kali digelar pada 2012, KSM menjadi wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains. Baru sejak 2018, KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai islam. Di tahun ini pula, KSM berbasis teknologi mulai dilaksanakan hingga saat ini”, tutur Taufiq.

Lebih lanjut Taufik mengatakan hasil yang diharapkan dengan diadakan KSM yakni berkembangnya bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat berkreasi dan mencintai sains; meningkatkan ghirah siswa madrasah untuk selalu mengasah kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan niali-nilai agama sehinga menjadi yang terbaik di bidangnya; mengembangkan budaya kompetitif yang sehat dikalangan siswa madrasah, menjaring bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta ajang kompetisi tingkat Internasional; menghasilkan siswa siswi terbaik disetiap bidang dan menjadi SDM yang mencintai bidang keilmuannya.

Sebelumnya Kasi Pendidikan Madrasah, H. Qomarul Azis mengatakan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah 2022 (KSM 2022).

“Tujuan diadakan KSM tahun 2022 untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, “ kata  Azis.

Ditambahkan oleh Azis, kompetisi ini dibuka untuk satuan pendidikan madrasah (MI/MTS/MA) atau pun sekolah umum (SD/SMP/SMA Sederajat). Pelaksanaan tingkat kota pada tanggal 13-14 Agustus 2022, Jenjang MI – MTs bertempat di MTsN Salatiga dan jenjang MA bertempat di MAN Salatiga. Adapun bidang yang dilombakan, sebagai berikut: Jenjang MI/SD (Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi); Jenjang MTs/SMP (Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, IPS Terpadu Terintegrasi); Jenjang MA/SMA (Matematika Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, Kimia Terintegrasi dan Geografi Terintegrasi).

Selanjutnya Ketua Komite KSM Tingkat kota yang disampaikan  Saifudin mengatakan Di Madrasah Tk kota Salatiga perserta KSM dari jenjang MI ada 34 peserta dengan rincian peserta bidang studi matematika ada 17 dan IPA ada 17 peserta, Untuk jenjang MTs ada 30 peserta dengan rincian Matematika ada 10 peserta, IPA ada 10 peserta dan IPS ada 10 peserta dan dari jenjang MA ada 26 peserta dengan rincian Matematika ada 6 peserta, Biologi ada 5 peserta, Fisika ada 6 peserta, Kimia ada 6 peserta, Ekonomi ada 2 peserta dan geografi ada 1 peserta. (Humas/Khusnul-Fitri)