Spirit Tahun Baru Islam menggema di Pawai Ta’aruf 1444 H Salatiga

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Memperingati Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1443 H, hari ini Sabtu 30 Juli 2022, Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Salatiga menyelenggarakan Pawai Ta’aruf. Masih dalam rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun Salatiga ke-1272, pawai mengusung tema “Muharram Carnival Moderasi Beragama di Kota Salatiga Satu Jua” diikuti sebanyak 87 peserta yang terdiri dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan umum.

Peserta dilepas oleh Ketua PHBI Drs. Muthoin, M.Si di pintu utara UIN Salatiga didampingi oleh Ketua MUI, Kabag Kesra dan beberapa tokoh agama. Ribuan peserta mengikuti pawai melewati rute Jl. Adi Sucipto, Jl. Muh Yamin, Jl. Langensuko menuju panggung kehormatan di Rumah Dinas Wali Kota. Tampak hadir Wali Kota Salatiga, H. Sinoeng Nugroho Rachmadi, MM beserta istri, Kakankemenag, Ketua DPRD, Sekda, Kapolres, Dandim, Ketua FKUB, Ketua MUI, Forkompimda dan tokoh agama.  Warga Salatiga tumpah ruah di jalanan menyaksikan event akbar yang sudah dua tahun tidak diadakan ini.

Kepala Kemenag Salatiga, H. Taufiqur Rahman, S.Ag, M.S.I menyampaikan kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang harus dilestarikan atau diuri-uri karena merupakan local wisdom yang tidak dimiliki kota lain.

“Dengan semangat Tahun Baru, masyarakat Kota Salatiga menjadi lebih baik kedepannya, merawat toleransi, dan tetap semangat menebarkan kebaikan kepada sesama sejalan dengan spirit Tahun Baru Islam yaitu spirit hijarah dan semangat perubahan, “ harap Taufiq.

Lebih lanjut Taufiq mengatakan kegiatan Pawai Ta’aruf mencakup dua dimensi yaitu dimensi syiar dalam menyambut Muharam 1444 H dan dimensi melestarikan local wisdom atau kearifan lokal. Ditambahkan oleh Taufik Pawai Ta’aruf selain merebutkan piala Walikota Salatiga juga memperebutkan piala Kapolres, Dandim, Kepala Kemenag Kota Salatiga dan Ketua Baznas Kota Salatiga. (Humas/YF-KK)