Tahfidz, Program Unggulan MTSN 4 Magelang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Penyerahan penghargaan yang berupa sertifikat tahfidz dan satu buah Al Qur’an diberikan pada 8 peserta didik yang telah menyelesaikan ujian tahfidznya pada Senin, (08/08/2022) saat upacara bendera. Pemberian penghargaan dilakukan oleh Siti Mafrukhah selaku wakil bidang humas Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Magelang (MTSN 4 Magelang) selaku pembina upacara bendera.

“Manfaatkan fasilitas yang diberikan oleh madrasah termasuk salah satunya layanan ujian tahfidz 1 juz satu majelis,” ungkap Mafrukhah dalam amanatnya beliau memberikan motivasi kepada peserta didik MTSN 4 secara keseluruhan. Harapannya dengan fasilitas tersebut, peserta didik akan termotivasi untuk melanjutkan hafalan ke juz berikutnya.

Tahfidz merupakan mata pelajaran muatan lokal yang menjadi salah satu unggulan di MTSN 4 Magelang. Untuk peserta didik kelas reguler akan mendapatkan pembelajaran tahfidz seminggu sekali sementara kelas Program Khusus (PK) mendapatkan pembelajaran tahfidz setiap hari pada pukul 06.30 – 07.00 WIB. Tahfidz diampu oleh 7 guru tahfidz yang terdiri dari 3 guru madrasah dan 4 dari luar madrasah.

Peserta didik yang sudah menyelesaikan hafalannya diberi kesempatan untuk mengikuti ujian tahfidz. Pelaksanaan ujian  tahfidz ini mengambil waktu hari Sabtu setelah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) selesai atau ketika peserta didik sudah siap untuk mengikuti ujian tahfidz dengan menghubungi pengampunya. Menurut Umi Zakiyah selaku koordinator tahfidz,  standar nilai dalam ujian adalah kelancaran membaca, kekuatan hafalan, tajwid dan kefasihan dengan predikat, Mumtaz, Jayyid Jiddan dan Jayyid. Syarat kelulusan dalam 1 juznya tidak boleh lebih dari 10 kesalahan. Jika lebih maka ujian akan diulang lain waktu dari awal.

Mereka yang telah menyelesaikan ujian Juz 30  adalah Ahmad Izzuddin (kelas 8J), Khoirunnisa’ (kelas 9B), Milatul Ulya (kelas 9D)  dengan predikat mumtaz, Diva Afliria Rifadianti (kelas 9D), Yumna Hayyu Damai Wilujeng (kelas 9J) Nada Dwi Nur Salimah (kelas 9A) dengan predikat jayyid. Juz 29 Nadia Qurotul Khasanah (kelas 9C)  dengan predikat jayyid jiddan  dan Juz 1 Nadinda Nadia Vega (kelas 9A) dengan predikat jayyid jiddan.

Fahrurozi, selaku Kepala Madrasah MTSN 4 Magelang mendukung penuh kegiatan tahfidz tersebut. “Kegiatan Tahfidz Al-Qur’an ini adalah salah satu bentuk sarana untuk mewujudkan generasi yang unggul dan berakhlak mulia sesuai dengan Visi dan Misi Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Magelang,” ungkapnya.(FS/Sua)