Tes IVA Dan Sadanis Di Banyumas Diikuti Oleh 30 Ibu Ibu

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama menggelar Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Sadanis. Tes IVA dan Sadanis digelar serentak pada 10 Agustus 2022 di 34 Kanwil Kemenag provinsi serta sejumlah Kankemenag kabupaten/kota dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN).

Tes IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Sedang Sadanis atau periksa payudara klinis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan .

Dalam kesempatan tersebut , pengurus DWP Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas selepas mengikuti zoom meeting bersama dengan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas H. Aziz Muslim melakukan pemantauan langsung pelaksanaan tes IVA dan Sadanis ke Puskesmas Kembaran 2 dan Puskesmas Sumpiuh 2 yang dipimpin oleh Ketua DWP Kemenag Kabupaten Banyumas Tri Widayati.

Pelaksanaan tes IVA dan Sadanis di lingkungan kantor Kemenag Kabupaten Banyumas yang dilakukan di dua Puskesmas, yaitu Puskesmas Kembaran 2 diikuti oleh 18 peserta   dan Puskesmas Sumpiuh 2 diikuti oleh 13  peserta sementara satu peserta gagal mengikuti.

Penasihat DWP Kemenag Eny Retno Yaqut dalam sambutannya melalui zoom meeting yang diikuti oleh 425 DWP Kemenag mengatakan kegiatan ini digelar  dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Indonesia.

“Alhamdulillah antusiasme masyarakat sangat besar untuk mengikuti acara yang diinisiasi DWP Kemenag pusat. tercatat ada 16.335 peserta yang sudah mendaftar,” ujar Eny Retno

Lebih lanjut  Eny Retno  menyatakan bahwa DWP Kemenag RI menjalin kerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI serta Dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota. Dimana pelaksanaannya dilakukan di RS dan Puskesmas setempat.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas Aziz Muslim, selepas mengikuti Zoom Meeting menyampaikan sangat mendukung kegiatan yang diadakan oleh  DWP Kemenag Banyumas sebagai bagian dari darma bakti atau bakti sosial dari DWP Kemenag Banyumas dalam kegiatan sosial kepada nusa dan bangsa.

“ Dan ini juga sangat bermanfaat sebagai deteksi dini kepada kaum ibu yang sangat rentan dengan kangker servik dan lain sebagainya. Maka upaya ini sangat baik dan efektif untuk ikut memperhatikan kesehatan ibu ibu. Kementerian Agama sangat suport dengan kegiatan DWP, harapannya kedepan ada aksi sosial yang lain seperti donor darah ataupun bakti sosial yang berkolaborasi dengan pihak lain,” terangnya. (yud/rf)