Tes IVA dan SADANIS DWP Kemenag Kendal

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Menindaklanjuti Surat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama RI Nomor B.86Sek/DWP.Kemenag/VI2022, DWP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal menggandeng DWP Kabupaten dan Dinas Kesehatan menyelenggarakan kegiatan tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinisdan (SADANIS) Gratis, Rabu (10/8) di Puskesmas Brangsong 2.

Kegiatan dimulai pukul 08.30 WIB dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh Bupati Kendal, Kepala Kantor Kemenag Kendal, Plt. Kepala Dinas Kesehatan dan Ketua DWP Kabupaten Kendal. Dalam sambutannya Bupati Kendal mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kegiatan serupa bisa dilakukan di puskesmas-puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Kendal.

“Kegiatan yang kita laksanakan pada pagi hari ini mudah mudahan bisa dilaksanakan di seluruh wilayah yang ada di kabupaten Kendal, jadi ini menjadi salah satu program prioritas yang penting dan perlu kita perhatikan,” tutur Bupati Dico M. Ganinduto.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77. Sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya anggota dan pengurus DWP Kemenag serta masyarakat luas pada umumnya. Dengan mengusung tema “Tes IVA dan SADANIS Sebagai Upaya Deteksi Dini Wanita Indonesia Bebas Kangker Serviks dan Payudara”.

Ketua DWP Kemenag Kendal menyampaikan pengenalan penyakit kanker menjadi penting untuk menekan semakin tingginya angka kematian perempuan Indonesia akibat kankers serviks, dimana kanker serviks menempati posisi ke-2 setelah kanker payudara.

“Tes IVA dan Sadanis digelar serentak pada 10 Agustus 2022 di tingkat pusat, Kanwil Kemenag Provinsi serta sejumlah Kankemenag kabupaten/kota. Alhamdulillah antusias mengikuti kegiatan ini cukup besar dengan peserta yang sudah hadir mengikuti tes berjumlah 54 orang,” terang Enok Masrifah Mahrus.

Sebelumnya peserta dihimbau untuk mengenakan kaos putih, berkerudung pink bagi yang berhijab dan sebaiknya menggunakan bawahan rok untuk memudahkan pelaksanaan pemeriksaan atau membawa sarung sebagai penutup. Dari jumlah peserta yang telah mengikuti tes IVA dan SADANIS seluruhnya negativ atau dinyatakan sehat.

Upaya pencegahan dan deteksi dini akan lebih mudah dilakukan ketika faktor risiko dan gejala kanker sudah dikenali. Oleh karena itu, penting dilakukan pemeriksaan secara berkala sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini kanker. Mari wujudkan perempuan sehat untuk Indonesia kuat. (bel/rf)