Tim Teknis AKMI Kanwil Jawa Tengah Pantau Langsung Simulasi AKMI di MAN 4 Kebumen

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Dari tahun ke tahun upaya peningkatan budaya literasi khususnya di kalangan pelajar madrasah terus dilakukan. Salah satunya adalah dengan diselenggarakannya Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Sebagai salah satu madrasah yang ditunjuk Kanwil Kemenag Jateng untuk melaksanakan AKMI, MAN 4 Kebumen menyelenggarakan simulasi AKMI selama dua hari terhitung mulai dari hari Senin hingga Selasa (08-09/08/2022).

Bertempat di kelas digital, tercatat sebanyak 242 pelajar MAN 4 Kebumen yang saat ini duduk di kelas XI antusias mengikuti pelaksanaan simulasi AKMI. Kepala MAN 4 Kebumen, Muhamad Siswanto, M.Pd.I, berharap, ditunjuknya MAN 4 Kebumen sebagai salah satu pelaksana AKMI dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan budaya literasi di kalangan pelajar.

“AKMI ini merupakan penilaian kompetensi mendasar untuk murid madrasah mulai dari jenjang MI hingga MA. Dengan dilakukannya asesmen ini nanti akan diketahui apa kelebihan dan kelemahan pelajar dalam literasi. Tak hanya itu, hasilnya juga dapat dijadikan alat ukur dalam mengembangkan kapasitas diri pelajar sehingga mereka nanti berpartisipasi positif pada masyarakat,” demikian kata Siswanto.

Koordinator Tim Teknis AKMI Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Achmad Buchyar Syam dan Muardi yang datang langsung meninjau pelaksanaan simulasi AKMI di MAN 4 Kebumen menyampaikan apresiasinya dengan terselenggaranya simulasi AKMI di MAN 4 Kebumen.

Menurut Syam, pihaknya sengaja datang dan meninjau langsung dengan tujuan untuk mengetahui sejauhmana keterselenggaraan simulasi AKMI bisa diakses dan diikuti oleh pelajar MAN 4 Kebumen. “Secara teknis dan sarana sudah sangat mendukung. Dan kami juga tadi sudah menerima masukan terkait beberapa kendala yang alhamdulillah masih ringan dan pihak MAN 4 Kebumen masih dapat mengatasinya,” papar Syam. (Ca’Rose/Fz/bd)