Tingkatkan Kinerja Guru Kepala MAN Batang Presentasikan Hipnomotivasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
* H.A.M. Alwi Kepala MAN Batang sedang mempresantasikan hipnomotivasi secara live di kanal youtube

Batang – Dalam upaya membangkitkan kembali motivasi pendidik yang menurun Kepala MAN Batang H.A.M Alwi mempresentasikan Hipnomotivasi sebagai solusi dalam meningkatkan kinerja secara live acara obrolan di channel youtube pada Selasa (23/08) pukul 21.00 WIB .

Acara ini digelar karena melihat fenomena  yang terjadi pada dunia pendidikan saat ini yang tidak sedikit para pendidiknya mempunyai banyak permasalahan hidup, baik karena faktor internal maupun eksternal sehingga berakibat pada menurunnya tingkat motivasi dalam bekerja yang berdampak pula pada kinerjanya. Dalam dunia pendidikan, kualitas sebuah madrasah/sekolah bergantung pada kinerja pendidiknya (guru), sedangkan kinerja ini bergantung pula pada bagaimana motivasi mereka.

”Masalah bisa terjadi karena adanya globalisasi yang sedikit banyak memberikan pengaruh dan membebani seseorang baik secara internal atau eksternal, sehingga bisa mengakibatkan stres. Apa akibatnya jika seseorang itu stress : 1. Gangguan fisik yaitu sakit kepala karena kapasitas pemikiran yang di luar batas (overload), kelelahan akan menyebabkan seseorang lupa makan sehingga akan menyebabkan gangguan pencernaan. 2. Gangguan mental sehingga akan cemas, sulit konsentrasi, mudah lupa dan sulit mengambil keputusan,” ujar Alwi.

“Jika pendidik mengalami stress maka akan mengakibatkan motivasi kerja menurun sehingga malas untuk mengajar dengan cara meninggalkan kelas dan hanya memberikan tugas kepada anak didik, sering meninggalkan kelas tanpa alasan yang jelas Kalau semua itu terjadi pada guru maka akan berakibat emosi guru tidak stabil sehingga menyebabkan emosi guru tidak terkontrol, siswa kurang termotivasi, hasil kerja berantakan sehingga prestasi siswa akan menurun,” lanjutnya.

Banyak cara untuk membangkitkan kembali motivasi yang menurun itu, akan tetapi pada acara tersebut M. Alwi memaparkan teknik solusi dengan cara menggabungkan dua istilah, hypnosis dengan motivasi sehingga menjadi satu kesatuan dengan nama hipnomotivasi, yaitu sebuah metode terapi yang dilakukan seseorang melalui alam pikiran bawah sadarnya dalam rangka menumbuhkan dorongan  untuk melakukan tindakan dengan tujuan tertentu.

“Sebagai Kepala Madrasah yang memiliki sedikit bekal ilmu hypnosis, saya mencoba mengemasnya dengan cara mengkaitkan hipnosis dengan motivasi, sehingga muncul gagasan tentang cara meningkatkan kinerja guru melalui hipnomotivasi,” jelasnya.

* Tampak audien di youtube sedang menanggapi presentasi hipnoterapi dari H.A.M. Alwi Kepala MAN Batang

Pada acara tersebut A.M Alwi menjelaskan langkah-langkah sebelum melakukan hipnomotivasi dan dilanjutkan dengan melakukan hipnomotivasi secara runtut.

“Langkah sebelum melakukan hipnomotivasi antara lain dengan mencari tahu akar permasalahan, mencari tahu penyebabnya, memberikan saran dan pemahaman terkait bagaimana cara untuk melepaskan diri dari permasalahan, di antaranya dengan metode hipnomotivasi kemudian dilanjutkan dengan melakukan tindakan,” tegasnya.

“Langkah melakukan hipnomotivasi antara lain dengan menciptakan lingkungan/tempat yang nyaman, memberikan pemahaman tentang hipnomotivasi, buat kesepakatan antara motivator (terapis) dengan yang dimotivasi (suyet), menurunkan tingkat kesadaran suyet dari betha menuju ke alpha sampai tetha (trance), terapis memastikan apakah suyet benar-benar sudah masuk pada trance yang dalam, terapis memberikan sugesti kepada suyet dan clossing sesi hipnomotivasi dengan anchor,” lanjutnya.

Kemudian dia memberikan gambaran singkat alur pelaksanaan hipnomotivasi dan kalimat sugesti yang diberikan kepada suyet.

“Pokok-pokok kalimat sugesti yang diberikan yaitu suyet diperintahkan untuk membayangkan dan merasakan kebahagiaan yang luar biasa saat pertama kali bekerja dan berpenghasilan sebagai guru, membayangkan dan merasakan kesuksesan yang membanggakan apabila dalam melaksanakan tugasnya dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan semangat, membayangkan dan merasakan dampak terburuk apabila dalam melaksanakan tugasnya dengan cara seenaknya sendiri, malas-malasan, masa bodoh dan lain sebagainya, suyet diperintahkan untuk membandingkan dan memilih antara kesuksesan yang membanggakan atau kegagalan yang menyedihkan, arahkan suyet pada pilihan kesuksesan, berikan kata-kata penguat kepada suyet atas pilihan kesuksesan yang membanggakan tersebut,” katanya.

Di akhir acara itu ada sesi tanya jawab juga dan masukan dari audien dan ditanggapi langsung oleh A.M Alwi secara singkat dan jelas.(dy_Zy_humas/rf)