Visitasi Akreditasi MIN 1 Kendal Berjalan Lancar dan Sukses

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Visitasi Akreditasi MIN 1 Kendal yang berlangsung mulai Senin – Selasa, 8 – 9 Agustus 2022 berjalan lancar dan sukses. Hadir selaku Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Provinsi Jawa Tengah  sejumlah dua orang, yang disambut hangat keluarga MIN  1 Kendal, yakni Kepala Madrasah didampingi Tim Sukses Akreditasi MIN 1 Kendal, Selasa (9/8).

Pada temu awal hari pertama, Moh. Tabarok selaku asesor memperkenalkan diri dengan menyampaikan Surat Tugas dari BAN S/M Nomor 113b/BANSM-JTG/VII/2022 tanggal 27 Juli 2022, lalu menyampaikan maksud kedatangannya.

“Selama 2 hari saya ngrepoti bapak ibu guru MIN 1 Kendal untuk memverifikasi dokumen yang sudah diupload dalam Sispena. Selanjutnya akan memotret dan mengobservasi pembelajaran di kelas bawah dan kelas atas. Kami juga akan mewawancarai komite madrasah dan perwakilan orangtua,” tegasnya.

Memenuhi apa yang diminta oleh asesor, Pokja Mutu Lulusan dan Pokja Proses Pembelajaran langsung menyodorkan butir-butir dokumen IASP. Sementara Pokja Mutu Guru dan Manajemen Madrasah, juga menyampaikan dokumen untuk dicocokan oleh asesor.

Hari pertama berakhir dengan lancar dan mudah, dilanjutkan visitasi hari kedua dengan observasi pembelajaran di kelas. Ada empat kelas yang menjadi sasaran observasi, yaitu Kelas 2 Kesultanan Pageruyung Minangkabau, Kelas 3 Kesultanan Ternate, Kelas 5 Kesultanan Bone, dan Kelas 6 Kerajaan Dompu.

“Alhamdulillah, observasi pembelajaran berjalan dengan lancar. Anak-anak mengikuti pembelajaran sesuai dengan skenario yang dibuat oleh guru,” ujar  Mutmainnah Sholihati, guru kelas Kesultanan Ternate. 

Selepas observasi pembelajaran, asesor memberikan kesempatan kepada Timses untuk melengkapi berkas yang kurang, kemudian dilanjutkan dengan Temu Akhir.

Wahyu Jatmiko, sebagai tim asesor menuturkan, selama dua hari semua kegiatan sudah disaksikan sesuai yang diminta dan beberapa catatan sudah dipenuhi.  Acungan jempol untuk MIN 1 Kendal, karena telah memanfaatkan sarpras pembelajaran berbasis IT berupa Smart/Android TV Thouchscreen.

“Saya melihat proses pembelajaran tingkat SD/MI dengan menggunakan  Smart/Android TV Thouchscreen,  ya baru di sini. Semoga sarana ini mampu memberikan layanan pendidikan yang unggul bagi peserta didik MIN 1 Kendal. Pembelajaran dengan Smart/Android TV Thouchscreen,  ya baru kali ini saya dapatkan. Semoga bisa menggairahkan semangat belajar siswa MIN 1 Kendal,”  ucapnya.

Harapan kedepan agar guru MIN 1 Kendal bisa menggelar Open Class saat mengajarkan sebuah tema kepada peserta didik. Kiranya berkenan bapak ibu orangtua bisa hadir ke kelas untuk mengikuti pembelajaran atau bahkan memberi materi pembelajaran. Dengan ini maka akan terjadi kolaborasi yang baik antara guru dan orangtua siswa.

Merespon apa yang disampaikan asesor, Subiyono Kepala MIN 1 Kendal mengucapkan terima kasih kepada Tim Asesor dan akan menindaklanjuti masukan dan bimbingan dari asesor.

Ucapan terima itu disampaikan dengan menyapa, “Probela, Tunggu Mama Mulus di Mabes, ya.” Sebuah singkatan dari butir pokja yang ada dalam Timses Akreditasi, probela: proses pembelajaran, Tunggu: mutu guru, Mama: manajemen madrasah, Mulus: mutu lulusan, Mabes: Makan Besar, pokja tambahan untuk  menjamu asesor dan timses. (sby/bel/rf)