4 Pilar Moderasi Beragama pada Kegiatan Festival Sedekah Laut Mina Mratani, Desa Adiraja Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pokjaluh Cilacap-Dalam rangka Penguatan Jaringan Angkringan Moderasi Beragama / Angkringan MOGA SRANDIL Binaan Pokjaluh Cilacap bersama PRKJ (Paguyuban Resik Kubur Jero Tengah) pada kegiatan Festival Sedekah Laut Rukun Nelayan MINA MRATANI yang dipimpin oleh Bp. Sumekto (Ketua Rukun Nelayan MINA MRATANI  dan Bp. Saptoyo (Ketua PRKJ) pada hari Jumat, 19/09/2022, Pukul 07.30 Wib S/d Selesai, bertempat di Balai Pertemuan Nelayan (Sungai Bengawan Adiraja) Desa Adiraja Kecamatan Adipala, yang dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Camat Adipala beserta Jajaran Forkopimcam, Ka KUA Kecamatan Adipala, Ketua Pokjaluh, Kepala Desa Adiraja, 13 Bedogol, Mahasiswa/mahasiswi KKN serta para pengunjung berlangsung khidmat dan meriah dengan

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, H. Imam Tobroni menyampaikan pentingnya memegang teguh dan menjaga dengan baik 4 Pilar Moderasi Beragama yaitu: Komitemen Kebangsaan, Toleransi, Anti Kekerasan dan Penerimaan Terhadap Tradisi, sebagai jembatan kerukunan beragama di tengah masyarakat yang multikultural seperti di Indonesia.

Juga dalam sambutannya Kepala Desa Adiraja, Sugiartono menyampaikan ucapan terima kasih dan sangat mengapresiasi kepada para pejabat Kementerian Agama Kabupaten Cilacap yang ikut hadir pada kegiatan tersebut. “Baru kali ini ada pejabat Kemenag berkenan hadir pada kegiatan ini,” imbuhnya.

Pada kegiatan tersebut Imam Tobroni menyerahkan santunan kepada para dhuafa muslim dari keluarga PRKJ dan dilanjutkan Larung Sesaji oleh 13 Bedogol, serta malamnya diisi Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk oleh KI Dalang Wahyu Eko Saputro dari Mrenek, Maos Cilacap.

Walaupun pelaksanaan kegiatan tersebut sudah lama, tapi masih menarik untuk diberitakan mengingat pentingnya Moderasi Beragama sebagai sebuah paradigma pada konsep sekaligus gerakan sampaii ke tingkat grosrout atau  bersama masyarakat arus bawah sehingga harapannya sekarang dan kedepan tercipta Indonesia yang damai, rukun, aman dan sentosa Aamiin.(Pokjaluh Jateng/Sua)