081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Dinkes Fasilitasi Kegiatan Deteksi Dini Kesehatan Siswa MAN 1 Banjarnegara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – MAN 1 Banjarnegara menjadi titik lokasi Kegiatan Deteksi Dini Kesehatan remaja yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara Selasa, (13/9).

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari bertempat di ruang digital diikuti oleh 75 siswa MAN 1 Banjarnegara.  Sigit Sugiyanto selaku pengelola UKS menjelaskan selain siswa, ada beberapa pejabat terkait yang menghadiri kegiatan tersebut.

“Kegiatan tersebut dihadiri oleh pihak internal madrasah dan pihak eksternal, Pihak eksternal yang hadir adalah Kepala Dinkes Provinsi Jawa Tengah, Anggota DPRD Jateng, Dinkes Kabupaten Banjarnegara dan petugas dari Puskesmas Bawang.” imbuh Sigit

Kegiatan didahului dengan pemeriksaan kadar HB siswa dan pemeriksaan Kesehatan oleh Tim Puskesmas Bawang dan Dinkes Kabupaten. Selanjutnya pada hari kedua diberikan penyuluhan Kesehatan secara tatap muka. Selain itu, siswa diajak minum tablet tambah darah bersama sebagai upaya untuk mengurangi angka anemia pada remaja putri.

Lebih lanjut, Sigit Sugiyanto menjelaskan bahwa narasumber adalah dari unsur Dinkes dan DPRD.

“Narasumber dari Dinkes Kabupaten Banjarnegara, Dinkes Provinsi Jateng, Pimpinan DRPD Jateng dan Tim Kesehatan Puskesmas Bawang.” jelas Sigit

“Sebelum penyuluhan, siswa mengikuti pre tes dan penyuluhan diakhiri dengan postes,” pungkas Sigit

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman remaja terkait kesehatan, memeroleh gambaran kesehatan remaja dan meningkatkan kesadaran remaja terhadap kesehatan. (swh/ak/rf)