Gerceg Wincah dengan Nikah Sehati

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Sosialisasi Gerakan Pencegahan Kawin Bocah (Gerceg Wincah) terus disosialisasikan oleh Azizah Herawati, Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Candimulyo. Gerakan ini merupakan salah satu upaya melahirkan generasi tangguh.

“Penyuluh Agama Islam bersama KUA terus bergerak menyosialisasikan kepada masyarakat. Jangan nikah di usia bocah, tapi ikutilah anjuran pemerintah yang sesuai ajaran agama dengan Nikah Sehati,” ajak Azizah di Magelang, Rabu, (7/9/22).

Azizah Herawati menjelaskan bahwa Nikah Sehati merupakan kependekan dari Nikah Sehat, Terencana, dan Mandiri. “Pernikahan yang mengantarkan menuju sakinah haruslah dipersiapkan dengan matang,” ungkapnya.

“Nikah dini bisa diminimalisir dengan membekali pengetahuan dan pemahaman agama yang benar, pendidikan budi pekerti kepada generasi muda, menciptakan lingkungan yang kondusif, dan mengisi waktu luang dengan kegiatan positif,” tambah Azizah.

Azizah mengajak berbagai komponen masyarakat untuk mencegah pernikahan dini. Ia menyebutkan tiga dampak negatif dari pernikahan yang dilaksanakan di bawah umur.

“Selain risiko kesehatan karena pasangan belum siap hamil, ada pula risiko kejiwaan karena mudah stres dan risiko sosial. Menikah di usia dini akan mengalami banyak ujian hingga berpotensi menjadi perbincangan tidak baik di masyarakat sekitar,” pungkasnya.(FS/Sua)