Harlah MTs Negeri 1 Purbalingga Digelar Meriah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purbalingga – Dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) ke -54 MTs Negeri 1 Purbalingga menggelar berbagai kegiatan. Di antaranya jalan sehat, lomba tumpeng, dan ziarah ke makam pendiri MTsN 1 Purbalingga. Kegiatan diikuti dalam rangka Harlah Madrasah tersebut melibatkan seluruh komponen keluarga besar MTsN 1 Purbalingga.

Kepala Madrasah Hj. Sit Mudrikah dalam keterangannya, Senin (27/9/2022) menjelaskan, kegiatan peringatan Harlah ke-54 MTsN 1 Purbalingga  tahun ini mengangkat tema Mewujudkan Madrasah Berakhlakul Karimah dan Berprestasi.

“Adapun tujuan adalah. mengenang jasa para pendiri madrasah. menumbuhkan kecintaan warga  madrasah terhadap almamater. mengaktualisasikan kreativitas dan bakat para siswa serta memperat tali silaturahmi antar keluaraga besar MTs Negeri 1 Purbalingga,” ujarnya.

Menurutnya, dua tahun sebelumnya kegiatan peringatan Harlah madrasah yang dipimpinnya diselenggarakan secara sederhana karena kendala pandemi. Ia bersyukur pandemi usai dan berbagai kegiatan dapat kembali berjalan dengan normal.

Ia menambahkan, dalam kegiatan tahun ini pihak madrasah melibatkan seluruh keluarga besar madrasah, termasuk para guru, pegawai, siswa, wali murid, komite dan warga masyarakat.

Kepala MTsN 1 Purbalingga Hj. Siti Mudrikah menyerahkan hadiah mesin cuci kepada peserta Jalan Sehat Harlah MTsN 1 Purbalingga.

Waka Humas Abas Rosadi dalam keterangannya menjelaskan, rangkaian harlah dimulai pada 24 September dan diakhiri pada 26 September 2022.

“Sabtu (24/9) diadakan Jalan Sehat Full doorprize dan Senin (26/9) dilakukan ziarah ke makam pendiri madrasah, lomba tumpeng antar kelas dan resepsi,” jelasnya.

Abas menambahkan, kegiatan jalan sehat merupakan hal yang ditunggu – tunggu warga madrasah, karena banyak hadiah yang disediakan panitia.

“Adapun untuk doorprizenya terdiri dari 1 TV 24 inci, 1 mesin cuci, 4 sepeda, 7 dispenser, 5 setrika, 1 kipas angin, 2 magic com dan doorprize lainnya yang secara keseluruhan berjumlah 1.061 buah,” ungkapnya.

Menurutnya, panitia menyediakan kupon jalan sehat sejumlah 2.000 lembar. Peserta jalan sehat terdiri dari para guru dan pegawai, siswa, wali siswa, pengurus Komite Madrasah dan masyarakat sekitar. Sedangkan untuk rute jalan sehat dimulai dari MTs Negeri 1 Purbalingga, Desa Kalijaran, perempatan Karangmiri, Desa Kasih, Desa Karanganyar, dan kembali ke MTs Negeri 1 Purbalingga.

Ziarah ke makam pendiri madrasah diikuti para siswa MTsN 1 Purbalingga.

Ziarah Pendiri Madrasah

Pada puncak kegiatan harlah dilaksanakan ziarah ke makam pendiri madrasah, lomba tumpeng antar kelas dan syukuran berupa pemotongan tumpeng. Kegiatan ziarah dilaksanakan di dua lokasi, yaitu makam K.H. Achmad Toebadji di Desa Kalijaran dan makam K.H.. Achmad Musodik di Desa Karangmalang

Dalam kegiatan tersebut Kepala Madrasah Siti Mudrikah menyampaikan pesan “Jas merah” yaitu agar para siswa jangan sekali-kali melupakan sejarah, karena sejarah menunjukan wujud eksistensi madrasah. Selain itu sesuai moto madrasah berakhlakul karimah dan berprestasi para siswa diharapkan untuk bisa mempertahankan dan meningkatkan prestasi serta eksistensi madrasah yang berdiri pada tanggal 26 September 1968 tersebut.

Sebagian peserta lomba tumpeng harlah bersama karyanya.

Lomba Tumpeng

Kejuaraan lomba tumpeng dikategorikan berdasarkan tingkatan kelas. Untuk kategori kelas VII Juara I diraih kelas VII F, Juara II diraih Kelas VII G. Kelas VIII  Juara I diraih kelas  VIII C dan Juara II diraih kelas VIII B. Sedangkan untuk kategori Kelas IX, Juara I diraih kelas IX C dan juara II diraih kelas IX F. * (sar/bd)