Imuniasi MR dan HPV siswa MIN 1 Kendal

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh Puskesmas Kendal 1 Tahun Anggaran 2022. Pada kesempatan itu, seluruh siswa Kelas 1 MIN 1 Kendal mendapatkan imunisasi MR, sementara siswa Kelas 5 putri, mendapatkan vaksin HPV, Rabu (21/9).

Novia Tinfajari, koordinator TimKes Puskesmas Kendal 1 menjelaskan, Imunisasi MR berguna untuk mencegah terjadinya penyakit rubella, sedangkan HPV (Human Papiloma Virus) merupakan vaksin yang  diberikan kepada anak perempuan yang mulai memasuki masa remaja.

“Imunisasi MR dan HPV ini sangat penting dan harus dilaksanakan, terutama HPV bagi anak-anak perempuan yang sudah menginjak masa remaja. Vaksin ini berguna untuk mencegah terhadap berbagai macam penyakit infeksi kulit, dan beberapa jenis kanker seperti kanker serviks,” jelasnya.

Mendengarkan penjelasan tersebut, siswi kelas 5 MIN 1 Kendal merasa senang dan bersyukur telah mendapatkan imunisasi HPV. Pasalnya, jika melaksanakan vaksin sendiri, maka membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Alfita Nasukha Slamet Waldi salah satu siswa Kelas 5 Kesultanan Buton merasa senang mendapatkan imunisasi ini,  karena gratis tidak perlu membayar.

“Terima kasih kepada Tim Medis Puskesmas Kendal 1 yang telah memberikan imunisasi HPV kepada kami. Ngilu memang, tetapi ini demi kesehatan ke depan untuk mencegah kanker serviks,” pungkasnya. 

Hal senada juga diungkapkan Inovia Arroyyan siswi kelas 5 Kesultanan Wajo juga merasa senang dan bersyukur sudah dapat vaksin HPV.

“Terima sebanyak-banyaknya kepada pemerintah yang sudah memberikan vaksin HPV kepada anak perempuan seperti saya yang sudah menginjak masa remaja. Jika ambil paket sendiri, bisa menghabiskan biaya dua sampai tiga juta rupiah, lho,” tegasnya dengan nada gembira.

Kepala MIN 1 Kendal, Subiyono mengucapkan terima kasih kepada pihak Puskesmas Kendal 1 karena telah memberikan imunisasi pada siswa-siswinya guna mencegah terjadinya penyakit.

“Terima kasih kepada Petugas dari Puskesmas Kendal 1 yang telah memberikan imunisasi pada hari ini. Semoga siswa siswi MIN 1 Kendal dengan diberikannya imunisasi ini tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit,” pungkasnya. (sby/bel/rf)