081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Indonesia Bertutur dan Persiapan G20 Borobudur Berlangsung, Pradaksina Berjalan Lancar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Pradaksina merupakan kegiatan ritual ibadah penghormatan dengan mengelilingi sebuah objek pemujaan seperti stupa, pohon Bodhi, atau Pratima Buddha sebanyak tiga kali. Penghormatan dilakukan bersamaan dengan meditasi sambil berjalan searah jarum jam. Dalam melakukan Pradaksina peserta harus dijaga oleh orang lain agar posisinya selalu berada di sisi kanan objek pemujaan.

Rombongan Dharmayatra II Kabupaten Oki (Ogan Komering Ilir) Propinsi Sumatra Selatan yang berjumlah 50 peserta melaksanakan prosesi Pradiksana di candi Borobudur pada Sabtu, (10/09/2022).

“Pradaksina bagian dari Dharmayatra,” kata Saring, Penyelenggara Buddha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang menjelaskan. Dharmayatra adalah kunjungan napak tilas ke tempat-tempat suci agama Buddha. Dharmayatra berasal dari dua kata, yaitu dharma berarti kebenaran dan yatra berarti di tempat mana. Dapat diartikan tempat yang berhubungan dengan kebenaran (dharma) sehingga Dharmayatra bisa diartikan berziarah ke tempat-tempat suci yang patut dipuja dan dihormati.

Pradaksina dilakukan dengan mengitari candi Borobudur sebayak tiga kali dan meditasi. Dilakukan tiga kali menggambarkan bahwa dalam kehidupan ini semua manusia harus berjalan dari fikiran, perkataan dan perbuatan. Sementara dalam bahasa pemujaan ini menggunakan tiga simbol yaitu bunga yang diartikan keindahan kehidupan, lilin memberikan penerangan dan Dupa agar melebur menjadi abu namun memberikan keharuman bagi lingkungan sekitarnya.

Dalam pelaksanaan Pradaksina kali ini bersamaan dengan kegiatan internasional yaitu Kegiatan Indonesia bertutur dan persiapan G20 Culture Ministers Meeting. “Kegiatan ibadah berjalan dengan lancar dan khusuk walaupun bersamaan dengan kegiatan internasional” ungkap Romo Misrun yang merupakan ketua rombongan Dharmayatra. Kegiatan Pradaksina tersebut dimulai pada pagi hari.

Indonesia Bertutur adalah kegiatan yang berlangsung dari tanggal 7-11 September 2022 untuk mendukung Pelaksanaan kegiatan G20 di bidang kebudayaan. Indonesia Bertutur diselenggarakan oleh kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Pengisi kegiatan Indonesia Bertutur terdiri dari ratusan seniman baik dalam negeri maupun luar negeri.

Kegiatan yang menghadirkan banyak Negara, G20 Culture Ministers Meeting berlangsung pada tanggal 11-14 September. Dalam kegiatan tersebut ada dua agenda utama yakni pertemuan pejabat tinggi, Senior Official Meeting G20 pada 12 September 2022 dan pertemuan menteri G20 bidang kebudayaan pada 13 September 2022.(FS/Sua)