Kemenag Kab. Temanggung Ikuti Pembukaan KSM Tk.Prov. Jateng Secara Daring

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Kepala Kantor Kemenag Kab. Temanggung mengikuti pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM)  Tingkat Prov. Jateng tahun 2022 secara daring yang dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Jateng, H. Musta’in Ahmad bertempat  di MAN 1 Banyumas, Jumat (9/9).

Hadir dalam pembukaan KSM Tk. Pov. Jawa Tengah secara daring ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Kasi Pendidikan Madrasah dan Komite KSM serta Kepala Madrasah peserta KSM Tk. Prov. Jateng dan bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung.

Dalam pembukaannya Kakanwil Kemenag Prov. Jateng H. Musta’in Ahmad mengapresiasi kegiatan pembukaan KSM tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun ini yang dilaksanakan secara daring sehingga dapat terbiasa tantangan kekinian dengan menghubungkan lebih dari 500 titik. Dengan titik utama di MAN 1 Banyumas, MTsN 1 Pati dan Kanwil Kemenag Prov. Jateng.

“Tema KSM Tahun 2022 adalah Mandiri Berprestasi Bangkitkan Negeri, menjadi spirit dari madrasah untuk bersama pulih lebih cepat, siap menghadapi tantangan global, bangkit lebih kuat dalam membangun negeri Indonesia yang kita cintai,” tuturnya.

“Selamat berkompetisi, jaga sportivitas, kejujuran dan junjung tinggi integritas. Jangan lelah untuk memberikan layanan, bimbingan dan pendidikan yang terbaik untuk murid-murid kita, semoga menjadi berkah. Dengan memohon ridho Allah SWT, seraya mengucapkan Bismilllahirrohmanirrohim, Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022,  secara resmi saya nyatakan dibuka,” pungkasnya.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, H. Saifulloh sampaikan bahwa KSM merupakan sebuah kegiatan yang digelar oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun semangat kompetisi sains dikalangan siswa madrasah.

“Tujuannya untuk memperteguh akhlak mulia, kreatifitas, inovatif, berkebangsaan, cerdas intelektual, emosional dan spiritual, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Soal pada KSM akan menggunakan bahasa Indonesia, bahasa Inggris atau bahasa Arab. Hal ini dilakukan sebagai bentuk persiapan KSM dimasa mendatang yang akan go international dan berkompetisi dengan beberapa negara sahabat,” tuturnya.

Jenis mata pelajaran yang dilombakan antara lain : Jenjang MI / SD : Mata pelajaran IPA dan Matematika terintegrasi. Jenjang MTs / SMP : Mata pelajaran IPA, Matematika dan IPS terintegrasi. Jenjang MA / SMA : Mata pelajaran Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Ekonomi dan Geografi terintegrasi. KSM akan dilaksanakan pada 10-11 September 2022. Terlaksana terpusat dimasing-masing Kabupaten/Kota dan berlangsung serentak secara nasional pada waktu yang sama secara online.(sr/rf)