Kemenag Kota Pekalongan Lakukan Kaji Tiru Di Kemenag Kab. Temanggung

Temanggung – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menerima kunjungan rombongan Studi Tiru Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kota. Pekalongan, Jum’at (30/9) di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung.

Diantara yang hadir dari Kementerian Agama Kota Pekalongan yakni, Kasi Pendidikan Madrasah, H. Nadhif selaku ketua rombongan bersama Bendahara dan 7 orang Staf Seksi Pendidikan Madrasah. Rombongan diterima oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhdzir didampingi Kasi Pendidikan Madrasah, H. Ahmad Sugijarto, Pengawas Madrasah dan staf Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kab. Temanggung.

Sebagai pembuka, Kepala Kankemenag Kab. Temanggung, H. Ahmad Muhdzdir menyampaikan kekagumannya atas usaha bapak dan ibu dari Kementerian Agama Kota Pekalongan yang sudah bersusah payah hadir di Kementerian Agama Kab. Temanggung. Kami ucapkan selamat datang kepada rombongan yang dipimpin Kasi Pendidikan Madrasah Kota Pekalongan dan meminta maaf apabila dalam penyambutan banyak kekurangan dan kekhilafan.

Selanjutnya Ahmad Muhdzir menyampaikan harapannya dari studi tiru di Kantor Kemenag Kab. Temanggung ini, apabila baik dan manfaat bisa dilaksanakan di Kemenag Kota Pekalongan, sedangkan apabila ada hal yang kurang pas / kurang baik agar dibuang jauh-jauh.

“Kami Kemenag Kab. Temanggung sangat bahagia bisa menjadi tujuan bapak dan ibu Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Pekalongan ini melakukan studi tiru tentang penguatan data madrasah,” ujarnya.

Sementara Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Pekalongan, H. Nadhif dalam sambutannya menyampaikan semoga dengan studi banding ini bisa bermanfaat bagi semua pihak. Kami dari Kemenag Kota Pekalongan dapat menimba ilmu  tentang penguatan data madrasah yang ada di Kemenag Kab. Temanggung.

“Kami berharap dengan kegiatan ini kita bisa saling menggali apa yang baik dan bisa bermanfaat bagi semua pihak baik Kemenag Kab. Temanggung maupun Kemenag Kota Pekalongan,“ harapnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh Kasi Pendidikan Madrasah, Ahmad Sugijarto.  Pada kesempatan ini Kasi Pendidikan Madrasah Kab Temanggung, memaparkan aplikasi Sigandem (Sistem Informasi Gampil Anggenipun Melayani Masyarakat) dimana dalam aplikasi Sigandem dididalamnya ada aplikasi Dilamar (digitalisasi laporan madrasah, mandiri, akuntabel, responsif). “Dengan aplikasi dilamar  harapannya bisa membantu madrasah dalam pengiriman data digital ke Kemenag. Dalam mendukung data kehadiran guru madrasah, Pendidikan Madrasah Kab Temanggung kerja sama dengan PT Telkom Tbk, melalui penggunaan absensi on line masoox,“ imbuhnya.(sr/rf)