Kemenag Pantau ANBK PKPPS, Pelaksaan ANBK Kab Pekalongan Berjalan Lancar dan Sesuai Jadwal

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Untuk peningkatan kemampuan dan SDM pondok Pesantren, sejumlah pondok pesantren di Kabupaten Pekalongan mengikuti ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) diantaranya PKPPS Al-Muslimin, PKPPS Roikhatul Jannah, PKPPS Fathul Huda, PKPPS Tarbiyatul Qiraatil Qur’an, PKPPS Ibnu Abbas, PKPPS Ky Wali Tanduran, PKPPS Nurul Ummah dan PKPPS Al Manshur

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Drs. H. Muqodam, M.Sy dan Kepala Seksi PD Pontren Gunawan, SH, melakukan pemantauan langsung pelaksanaan ANBK pada Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS) Ahad (25/09) di MTs YMI Wonopringgo  

Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Drs. H. Moqodam, M.Sy mengatakan “Assesmen Nasional ini merupakan program evaluasi untuk meningkatkan mutu Pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran pada satuan Pendidikan Pondok Pesantren”

Lebih lanjut H. Muqodam menjelaskan bahwa Assesmen dilakukan melalui tiga instrument yakni Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika, Survey Karakter yang mengukur sikap, nilai keyakinan dan kebiasaan, Survey Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar mengajar di kelas maupun di satuan pendidikan pondok Pesantren. “jelasnya

Sementara itu Kasi PD Pontren, Gunawan, SH mengatakan  monitoring ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dimana data dari hasil pantauan akan dijadikan sebagai bahan masukan bagi kebijakan untuk pelaksanaan ANBK masa mendatang. 

“Selain itu pemantauan pelaksanaan ANBK PKPPS di Kab. Pekalongan ini juga untuk melihat kesiapan 186 santri peserta Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS) tingkat Wustha,” jelas Gunawan. 

Ditambahkannya, “Dari pemantauan dilapangan proses pelaksanaan Asessmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Kabupaten Pekalongan Alhamdulillah berjalan lancar tanpa kendala berarti. 186 orang santri peserta ANBK hadir lengkap.”

ANBK PKPPS tingkat Wustha Kabupaten Pekalongan diselenggarakan sesuai dengan jadwal tanggal  24-25 September 2022, diikuti oleh 8 lembaga PKPPS, dilaksanakan di dua tempat MTs S Paninggaran dan  MTs YMI Wonopringgo.

Pelaksanaan ANBK di MTs S Paninggaran diikuti  3 (tiga) lembaga yaitu PKPPS Al Manshur sebanyak 26 peserta, PKPPS Kyai Wali Tanduran sebanyak 15 peserta dan PKPPS Nurul Ummah sebanyak 20 peserta. Sedangkan di MTs YMI Wonopringgo diikuti 5 (lima) lembaga yaitu PKPPS Roikhatul Jannah sebanyak 15 peserta, PKPPS Fathul Huda sebanyak 11 peserta, PKPPS Tarbiyatul Qiraatil Quran sebanyak 9 peserta, PKPPS Al Muslimin sebanyak 45 peserta dan PKPPS Ibnu Abbas sebanyak 45 peserta.

Terakhir Kasubag TU dan Kasi PD Pontren berharap semoga semua pelaksanaan ANBK PKPPS di Kabupaten Pekalongan sukses dan lancar serta semua santri diberi kesehatan sehingga bisa mengikuti ANBK sesuai jadwal.(TQM/MTb/bd)