Kenali Manfaat Donor Darah, Kepala Kemenag Kab. Pekalongan Ajak Masyarakat Berdonor

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB. PEKALONGAN, – Disela-sela kesibukannya sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Drs. H. Sukarno, MM menyempatkan diri untuk melakukan donor darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Pekalongan, Jalan Mlatensatu, Karangsari, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Jumat, 23 September 2022.

Pada kesempatan itu H, Sukarno mengatakan “ Hari ini saya datang ke Unit Donor Darah PMI Kabupaten Pekalongan melakukan kegiatan donor darah“,
Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sudah sering dilakukan, sebagai upaya dalam membantu sesama, untuk menebarkan kebaikan tanpa membedakan ras dan golongan. Karena satu kantong darah setidaknya bisa menyelamatkan 3 nyawa manusia,” ungkapnya.

“Harapan saya nanti teman teman juga bisa ikut berpartisipasi untuk mendonorkan darahnya dalam rangka tugas kemanusiaan berbagi kepada mereka yang membutuhkan, dan kedepan saat peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama, bersama sama kita laksakan kegiatan donor darah, semoga banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya berbagi kehidupan kepada mereka yang membutuhkan, ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah.“harapnya

Sementara itu Aries Muhafi pegawai Unit Donor Darah PMI Kabupaten Pekalongan menyampaikan harapanya agar semakin banyak masyarakat yang berpartisipasi mendonorkan darahnya di PMI Kabupaten Pekalongan, “sebab kebutuhan darah kami sekitar 1.200 sampai 1.300 kantong tiap bulannya, sementara jumlah pendonor di PMI kabupaten Pekalongan masih kurang dari target, jumlah pendonor yang datang langsung di UDD PMI Kabupaten Pekalongan rata rata 300 orang perbulannya,”ungkapnya.

Lebih lanjut Aries Muhafi menjelaskan manfaat dari donor darah, yaitu dapat menjaga kesehatan jantung, mengurangi resiko kanker, dapat mendeteksi penyakit menular lewat darah, dapat meningkatkan produksi sel darah merah, membantu lebih sehat secara psikologis dan Panjang umur.

Bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya, berikut kiat-kiat sebalum donor darahyang bisa dilakukan; tidur minimal 4 jam, tidak sedang minum obat minimal 3 hari, konsumsi makanan yang mengandung zat besi, banyak minum air putih, jika sudah makan usahakan minimal 3 jam sesudah makan, hindari konsumsi alkohol, dan pakai pakain yang lengannya mudah digulung hingga diatas siku. (MTb/bd)