081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Latih Siswa Berwirausaha Melalui Praktik Pembuatan Telur Asin

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Selasa (13/9), sekitar 270 peserta didik kelas XII MAN 1 Kebumen melakukan praktik pembuatan telur asin modifikasi. Kegiatan yang ditujukan untuk menanamkan jiwa kewirausahaan bagi peserta didik ini dilaksanakan secara klasikal sesuai jam mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) pada masing-masing kelas.

Kepala MAN 1 Kebumen H. Wachid Adib menyampaikan, pembelajaran PKWU ini sangat bermanfaat bagi peserta didik terutama untuk menanamkan jiwa wirausaha. “Diharapkan dengan kegiatan praktik kewirausahaan, peserta didik mendapatkan pengalaman berharga mulai dari proses produksi, pengemasan sampai pemasaran berdasarkan prinsip ergonomis, ekonomis dan berwawasan lingkungan,” terangnya.

“Praktik pembuatan telur asin yang dimodifikasi dengan berbagai macam cita rasa ini sejalan dengan program pemerintah tentang ekonomi kreatif, bahwa dengan inovasi dan  ide-ide kreatif yang out of the box akan tercipta produk ekonomi yang memiliki daya saing”, ujar H. Wachid Adib

Kegiatan praktik yang dilaksanakan di lingkungan madrasah ini sangat menggugah antusiasme peserta didik. Pasalnya kegiatan pembelajaran yang mengangkat tema Pengolahan dan Pengawetan bahan Makanan Daerah yang Dimodifikasi sangat merangsang keingintahuan peserta didik bahwasannya dengan kreatifitas dan inovasi, telur asin dapat dimodifikasi dengan berbagai macam cita rasa.

Tri Cahyaningsih selaku guru mata pelajaran PKWU menyampaikan, peserta didik dibebaskan melakukan inovasi dengan menambahkan sensasi rasa yang berbeda, seperti rasa jahe, kayu manis, bawang putih, cabai dan sebagainya. “Cara penyajian yang kekinian diimbangi dengan berbagai cita rasa baru akan membuat produk mampu bersaing di pasaran dan menarik minat calon pembeli”, terangnya.

“Bekal pengalaman yang didapatkan dalam praktik ini diharapkan dapat memotivasi dan membangun jiwa kewirausahaan peserta didik,  karena dengan inovasi dan ide-ide kreatif akan tercipta produk baru yang dapat bersaing di pasaran”, beber Tri Cahyaningsih saat dikonfirmasi disela-sela kegiatan praktik,. (tt/fz/bd).