Luncurkan Fitur WA Autorespon, KUA Semakin Dekat Dengan Masyarakat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
* Gambar promosi program Fitur WA Autorespon KUA Kecamatan Batang

Batang – Pandemi Covid-19 membawa dampak yang cukup signifikan termasuk sektor pelayanan masyarakat. Masuknya teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia pun tidak bisa dibendung lagi. Sejalan dengan hal itu Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas mencanangkan 7 prioritas program Kemenag tahun 2022 yang salah satunya adalah transformasi digital.

KUA Kecamatan Batang sebagai salah KUA yang terpilih dalam program Revitalisasi KUA terus berupaya untuk mengembangkan diri melalui program-program kerjanya. Setelah di tahun kemarin sukses dengan peluncuran program wakaf tunai dan bimbingan perkawinan mandiri, maka untuk tahun ini KUA Kecamatan Batang mengembangkan layanan aplikasi WA Autorespon

Dengan fitur ini masyarakat bisa mengakses layanan yang ada di KUA Kecamatan Batang tanpa harus datang ke KUA. Masyarakat cukup mengetik kata “INFO” pada nomor Whatshapp KUA, maka nanti akan muncul jawaban secara otomatis. Adapun nomor WA Autorespon yang bisa dihubungi adalah 0851-7312-5022 yang sistem kerjanya menyesuaikan dengan settingan awalnya.

Kasi Bimas Islam, H. Sodikin sangat mengapresiasi dan mendukung pengadaan aplikasi layanan WA Autorespon di KUA Kecamatan Batang ini.

“ Aplikasi ini bisa menjembatani masyarakat zaman sekarang yang aktivitas kerjanya sangat padat, Masyarakat akan termudahkan melalui aplikasi layanan ini karena masyarakat tidak perlu hadir ke KUA untuk mendapatkan informasi,” kata H. Sodikin Senin (19/09).

Lebih jauh dia berharap aplikasi ini bisa dikembangkan lagi untuk hal-hal lainnya,

“Mungkin untuk konsultasi berbasis online bisa dikembangkan dalam sistem aplikasi ini, mudah-mudahan ini bisa menjadi pengurai problematika rumah tangga sehingga bisa menekan angka perceraian di Batang,” harapnya.

Sementara itu kepala KUA Kecamatan Batang, H. Ali Fatkhur mengatakan bahwa KUA Kecamatan Batang akan terus melakukan terobosan-terobosan baru dalam hal layanan maupun program kerja. Melalui peluncuran aplikasi WA Autorespon akan memudahkan dan mendekatkan KUA terhadap masyarakat.

“ WA Autorespon merupakan terobosan baru KUA Kecamatan Batang untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi layanan di KUA. Mudah-mudahan ini akan lebih mendekatkan KUA terhadap umat,” ungkap H. Ali Fatkhur.

Dia juga mengatakan bahwa kedepan KUA Kecamatan Batang akan memunculkan program-program baru yang tentunya itu merupakan bagian dari perwujudan program revitalisasi KUA.

Saatnya ini settingan WA Autorespon KUA Kecamatan Batang masih terbagi dalam menu dan submenu. Untuk menu sendiri terdiri atas 1. Pernikahan, 2. Wakaf, 3. Haji, 4. Kemasjidan, 5. Bimbingan perkawinan dan 6. Lainnya. Dari masing-masing menu utama tersebut masih terbagi lagi dalam submenu sesuai dengan bidangnya. Misal di menu pernikahan maka nanti untuk submenunya adalah hal-hal yang terkait dengan pernikahan, yakni informasi tentang syarat-syarat pendaftaran pernikahan, syarat mau membuat rekomendasi/boro kawin, biaya pernikahan dan lain-lain. Masyarakat cukup mengetik tagar (#) diikuti kata kunci yang ingin dicari informasi detailnya. (nur habibi/Zy_humas/rf)