081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

MAN 1 Tegal Laksanakan Pelantikan Pramuka Penegak Laksana

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Slawi – Dalam rangka kegiatan pelantikan Laksana yang dilaksanakan guna melantik para Bantara yang telah memenuhi Syarat Ketentuan Umum sebagai Laksana. Pramuka MAN 1 Tegal mengadakan kegiatan pelantikan yang bertempat di Lapangan Desa Simpar, Bojong. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 24 – 25 September 2022.

Dalam arahannya, Kepala MAN 1 Tegal diwakili Waka Kesiswaan yang  bertindak selaku Pembina Upacara yakni Muntoha menyampaikan bahwa Pramuka Penegak merupakan anggota yang sudah memasuki jenjang umur 16 – 20 tahun. Ada beberapa tingkatan dalam Pramuka Penegak, yakni Pramuka Penegak Bantara dan Pramuka Penegak Laksana. Pramuka Penegak Laksana merupakan tingkat tertinggi dalam Golongan Penegak.

“Kegiatan ini ada beberapa aktivitas peserta perkemahan yang akan dilakukan. Termasuk nantinya kalian akan melakukan perjalanan yang lumayan jauh, jadi harus menjaga kondisi sebaik mungkin. Jika memang dalam perjalanan merasa sakit harus segera melapor kepada pembina pendamping,” ucap Muntoha.

Sementara itu pembina pramuka Kak Krisno Handoko mengungkapkan bahwa anggota yang bisa dilantik dan dikukuhkan jika telah menyelesaikan syarat Tanda Kecakapan Umum (TKU) Pramuka Penegak Bantara sehingga berhak mendapatkan syarat ketentuan umum sebagai Laksana.

“Mudah-mudahan anggota yang telah dilantik menjadi Pramuka Penegak Laksana, semakin menunjukkan eksistensi, bakat, dan pengetahuannya di bidang kepramukaan,” ungkap Krisno

Upacara pelantikan penegak laksana atau pindah golongan penegak bantara ke penegak laksana di tutup dengan ucapan selamat oleh Ka. Gudep MAN 1 Tegal dan penyematan bet laksana oleh pembina kepada para peserta yang telah di lantik sejumlah 49 peserta dan dilanjutkan dengan prosesi adat Ambalan Sunan Kalijaga dan Siti Fatimah. (nuris/bd)