081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Mewujudkan 3R Kemitraan Orang Tua dan Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Orang tua memegang peranan penting dalam mencapai keberhasilan pendidikan di madrasah. Kemitraan yang baik antara madrasah dengan orang tua perlu terus dibangun sehingga proses pembelajaran anak berjalan dengan lancar dapat menorehkan prestasi terbaik.

MTsN 2 Magelang memandang penting posisi orang tua untuk bersama-sama dalam membangun madrasah melalui berbagai kebijakan yang melibatkan orang tua siswa.

Kepala Madrasah, Dra. Sholihah, M.SI, dalam Rapat Koordinasi dengan Orang Tua/Wali Siswa di Aula Madrasah, Sabtu, 24/09/2022, menyampaikan kemitraan madrasah dengan orang tua dibangun dengan menerapkan Budaya 3 R (Respect, Responsibility, Relationship).

“Orang tua adalah mitra madrasah untuk mengantarkan anak-anak mendapatkan pendidikan terbaik. MTsN 2 Magelang menerapkan konsep 3 R untuk mewujudkan kemitraan dengan Bapak Ibu semuanya,” kata Sholihah.

Pertama, Respect (Rasa Hormat). Madrasah berusaha menghormati dan mempercayai keberadaan orang tua siswa sebagai bagian yang punya peran penting dalam memberikan wawasan dan informasi yang dibutuhkan anak. Untuk itu madrasah juga melibatkan orang tua dalam berbagai hal salah satunya dalam menentukan program kegiatan sekolah.

Kedua, Responsinility (Tanggung Jawab). Madrasah maupun orang tua punya tanggung jawab bersama terhadap keberhasilan anak. Kedua belah pihak tidak saling menyalahkan apabila ada masalah dengan si anak. Namun baik madrasah maupun orang tua bertanggung jawab atas keberhasilan anak di sekolah.

Ketiga, Relationship (hubungan). Madrasah maupun orang tua siswa saling membuka pintu untuk apa yang disebut hubungan yang bermakna atau hubungan yang membangun kepercayaan yang mendukung terciptanya kemitraan yang berkualitas.

Melalui konsep 3 R tersebut, Sholihah mengharapkan terjadi kemitraan dengan orang tua dapat berkelanjutan sehingga berbagai program terkait kemajuan madrasah selalu mendapatkan dukungan yang positif sehingga peningkatan mutu akademik dapat terus diupayakan.(m45k/Sua)