MTsN 2 Pekalongan Siap Sukseskan AKMI 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN – MTsN 2 Pekalongan sebagai satuan pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama pada minggu terakhir bulan September ini menggelar Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia bagi seluruh siswa kelas 8. AKMI dilaksanakan selama 4 hari, yakni hari Sabtu, Senin, Selasa dan Rabu (24 s.d 28 September 2022). AKMI adalah evaluasi oleh Kemenag RI untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah dalam literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya. Sama seperti ANBK, hasil asesmen akan digunakan oleh guru dan madrasah dalam memperbaiki kualitas pembelajaran.
Menurut Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3634 tahun 2022 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan AKMI tahun 2022, tidak semua madrasah menjadi peserta. Untuk jenjang MTs, diikuti oleh 581 MTs piloting, dan MTsN 2 Pekalongan termasuk di dalamnya.


Dalam keterangannya, Tuti Susilawati selaku ketua Panitia menjelaskan bahwa AKMI digelar dalam 2 tahap, yakni tahap 1 tanggal 24 dan 26 September 2022, serta tahap 2 tanggal 27 dan 28 September 2022. Masing-masing tahap dilaksanakan dalam 2 sesi dan menggunakan 3 ruang komputer. Untuk peserta tahap 1 merupakan siswa-siswi darikelas 8A, 8B, 8C, 8D dan sebagian 8E. Sedangkan untuk tahap 2, peserta berasal dari sebagian siswa kelas 8E serta seluruh siswa 8F, 8G dan 8H. Teknis pelaksanaannya sendiri, selama 2 hari, peserta mengerjakan asesmen berbasis komputer. Peserta masuk ke aplikasi (login) dengan memasukkan username dan password yang bisa dilihat pada kartu peserta yang telah dibagikan oleh panitia.


Hari ke-1, asesmen yang diujikan adalah Literasi membaca dan Sains sedangkan pada hari ke-2, peserta mengerjakan asesmen Numerasi dan Sosial Budaya (Survey Karakter). Sementara itu, untuk pengawas ruang terdiri dari guru-guru MTsN 2 Pekalongan sendiri berjumlah 6 orang. Masing-masing ruangan diawasi oleh 1 orang pengawas, serta di koordinir oleh 1 proktor dan 1 teknisi.
“Pelaksanaan AKMI kali ini secara semi daring. Sinkronisasi sudah dilakukan hari minggu lalu, sehari sebelum ANBK. Semoga AKMI lancar, seperti halnya ANBK kemarin. Untuk sesi ke-1 dilaksanakan pukul 7.30 sampai 10.00 WIB, sedangkan sesi 2 dimulai pukul 10.30 hingga 13.00 WIB,” ujar Kholik Qudhori, selaku teknisi.


Kepala MTsN 2 Pekalongan, Imam Sayekti berharap penyelenggaraan AKMI tahun 2022 akan berjalan dengan baik dan sukses. “Sebagai madrasah piloting, kami tentu berharap bahwa AKMI bisa diikuti dengan baik oleh seluruh peserta. Selain dari segi teknis, semoga pelaksanaan AKMI ini juga akan membawa dampak positif terutama dalam penguasaan kompetensi siswa khususnya di bidang literasi membaca, numerasi, sains maupun sosial budaya. Selamat mengikuti AKMI untuk semua siswa kelas 8, serta selamat bertugas untuk para teknisi, proktor, pengawas serta seluruh panitia. Semoga sukses,” pungkasnya. (matsandaPKL/MTb/bd)