Pelaksanaan ANBK MTsN 1 Pekalongan Tahun 2022.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,– Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program penilaian mutu sekolah di jenjang dasar dan menengah. ANBK di MTs N 1 Pekalongan berlangsung secara online selama 2 hari, mulai hari Rabu-Kamis, 21-22/9/2022. ANBK diikuti siswa kelas VIII berjumlah 45 peserta yang ditentukan secara acak oleh pusat data.

ANBK dilaksanakan di laboratorium komputer 1 yang berjumlah 22 peserta inti dan 5 peserta cadangan serta laboratorium komputer 2 berjumlah 23 peserta inti dan 5 peserta cadangan. Sementara pengawasannya dilakukan secara silang dengan madrasah lain, dibantu oleh teknisi dan proktor.

Kepala madrasah, Drs. H. Mukhlisin, Dip.Ed., menyampaikan bahwa “pelaksanaan ANBK berlangsung dua hari masing-masing dengan satu sesi. Ada tiga instrumen penilaian dari ANBK sebagai bagian dari evalusi pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia”.

“Yang pertama Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) siswa, kedua Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa, dan ketiga Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.”

“Alhamdulillah ANBK MTsN 1 Pekalongan untuk hari ke-2 terlaksana dengan lancar, aman dan sukses, walaupun pada hari pertama di awal pelaksanaan sempat ada kendala missal tertulis token tidak valid namun akhirnya lancar. Untuk Pelaksanaan ANBK selama dua hari ini, kami berharap memperoleh hasil yang maksimal dan memberi gambaran kondisi riil MTsN 1 Pekalongan sesuai tujuan pelaksanaan ANBK”, ujar Kepala madrasahKamis, 22/9/2022.

Kepala madrasah mengapresiasi kinerja para Proktor, yaitu Fitri Ariyani, S.Pd dan Kholisatul Umami, S.Pd serta para Tekhnisi yaitu Teguh Cipto Yuwono, S.Pd. dan Amir Hamzah, S.Pd. dengan menyampaikan, terima kasih atas kerja samanya, kerja ikhlasnya dalam membimbing siswa sejak awal simulasi, gladi sampai pelaksanaan ANBK utama hari ini dan kemarin, Kepala madrasah juga berterimakasih pada para pengawas yang sudah menjalankan tugasnya dengan baik di MTs N 1 Pekalongan. (IY,US/MTb/bd)