081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Pembimas Buddha Propinsi Jawa Tengah Sambut Peserta Dharmayatra Kabupaten Oki Sumsel

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Rombongan peserta Dharmayatra Kabupaten Oki Sumatra Selatan hadir di Gedung Serba Guna Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang dalam rangka temu ramah pada hari Jum’at, (09/09/2022).

Pembimas Buddha Propinsi Jawa Tengah, Karbono didampingi Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, Panut beserta jajaran Penyelenggara Buddha sambut peserta Dharmayatra Kabupaten Oki. Dalam kesempatan tersebut hadir Joko Turiman Subkoordinator pada Seksi Bina Penyuluh Subdirektorat Penyuluhan Direktorat Urusan dan Pendidikan Agama Buddha, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama RI.

Peserta Dharmayatra didampingi oleh jajaran penyelenggara Buddha Kabupaten Oki. Rombongan Dharmayatra diketuai oleh Romo Misrun yang merupakan Ketua Moderasi Beragama Sumarta selatan.

Karbono memberikan ucapan selamat datang kepada peserta Dharmayatra.  Beliau sebagai Pembimas Propinsi Jawa Tengah mengenalkan beberapa situs Buddha serta destinasi wisata yang ada di Jawa Tengah. “Selamat datang di wilayah Jawa Tengah, diharap tidak hanya sehari sehingga bisa explorasi situs ibadah,” kata Karbono.

Disampaikan bahwa salah satu desa sekitar pantai Menganti Kebumen mayoritas beragama Buddha. “Desa tersebut bisa menjadi salah satu referensi destinasi bagi umat Buddha,” ungkap Karbono.

“Nikmatilah perjalanan ibadah bapak dan ibu, semoga berkesan dan menyenangkan. Kita berharap prosesi Pradaksina besok pagi berjalan dengan lancar dan tidak hujan sehingga dalam beribadah bisa tenang dan senang,” kata Karbono.

Dalam kesempatan yang sama Panut juga memberikan sambutan dan ucapan selamat datang pada rombongan peserta Dharmayatra. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan terkait dengan Moderasi Beragama. “Moderasi beragama tidak hanya melingkupi antar agama tetapi yang harus diperhatikan justru dalam satu agama, antar sekte yang ada didalam umat Buddha,” ungkap Panut. Hal tersebut sangat perlu dijaga mengingat hubungan antar sekte rawan perbedaan dan ketidaksepahaman.

“Semoga Moderasi Beragama memberikan arti dan penguatan kepada teman-teman Buddha sehingga guyup rukun dan dukungan ibadah bisa saling berjalan selaras,” kata Panut.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan dari rombongan Dharmayatna Kabupaten Oki kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang. Diharapkan pertemuan ini bisa saling menguatkan dan lebih luas dalam dukungan program nasional moderasi beragama.(FS/Sua)