Pembukaan KSM Tingkat Jawa Tengah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2022 secara resmi dibuka oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad yang dilaksanakan secara daring dengan menghubungkan lebih dari 500 titik, salah satunya Kabupaten Kendal yang dipusatkan di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo, Sabtu (10/9).

KSM sebagai salah satu wahana kompetisi dalam upaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai islami, agar siswa tetap mengkaji ilmu sains dengan tetap memperhatikan konsep keislaman yang holistik; dan keilmuan sains murni, ini dilakukan sebagai upaya tetap mensejajarkan dengan siswa-siswa olimpiade sains.

“Proses dan sarana pembelajaran di madrasah terus kita tingkatkan. Selain itu, iklim kompetisi di kalangan siswa madrasah juga perlu dibangun dan dikembangkan, dengan kegiatan-kegiatan yang dapat mengakomodir siswa dalam mengaktualisasikan potensi yang dimiliki,” terang Kakanwil Musta’in Ahmad dalam sambutannya.

Sesuai tema KSM Tahun 2022 ini “Mandiri Berprestasi Bangkitkan Negeri”, diharapkan dapat menjadi spirit dari madrasah untuk bersama pulih lebih cepat, siap menghadapi tantangan global, bangkit lebih kuat dalam membangun negeri tercinta ini ditengah derasnya laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi.

Hadir secara virtual melalui zoom meeting pembukaan KSM dan meninjau langsung pelaksanaan KSM di Ponpes Darul Amanah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, Mahrus menyampaiakan KSM menjadi kesempatan bagi madrasah untuk mengasah sekaligus berkompetisi dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan dengan persaingan yang lebih luas yakni tidak hanya madrasah tetapi juga sekolah sekolah negeri maupun swasta di Jawa Tengah.

“Selamat berkompetisi, jaga sportivitas, kejujuran dan junjung tinggi integritas.Dengan memohon ridho Allah SWT, seraya mengucapkan Bismilllahirrohmanirrohim, semoga pelaksanaan KSM Tingkat Provinsi Jawa Tengah ini berjalan dengan lancar dan melahirkan generasi juara,” ujar Mahrus. (bel/rf)