081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Pengawas Madrasah Kuatkan Pemahaman Kurikulum Merdeka Bagi Guru MAN Kota Magelang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – MAN Kota Magelang gelar kegiatan sosialisasi standar penilaian kurikulum merdeka sebagai implementasi Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 2022 dengan 2 narasumber dari pengawas madrasah Kankemenag Kota Magelang di Aulanya, (Selasa, 13/9). Hadir dalam sosialisasi ini sejumlah 62 guru MAN Kota Magelang.

MAN Kota Magelang menjadi salah satu Madrasah Pilot Project dan Asesmen pembelajaran terhadap pelaksanaan kurikulum merdeka di Jawa Tengah. Untuk mewujudkannya, perlu mengadakan sosialisasi agar tercapai kesamaan persepsi dalam pelaksanaanya. Demikian disampaikan Kepala Kankemenag Kota Magelang saat membuka acara.

“Asesmen merupakan penilaian pembelajaran yang menitik beratkan pada penilaian proses dan juga hasil. Guru harus merubah mindset yang sebelumnya penilaiaan berbasis hasil tetapi sekarang banyak melakukan penilaian berbasis proses. Kini, guru dam peserta didik diberikan ruang kebebasan Untuk Berinovasi Belajar Dengan Mandiri Dan Kreatif,” pungkas Sofia Nur.

Diawal menyampaikan materinya Muflihatuth Thohiroh menyampaikan terkait paradigma asesmen pembelajaran kurikulum merdeka, dan keunggulan dalam kurikulum merdeka ini karena berpusat kepada peserta didik.

“Beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen formatif dan sumatif yakni mengenai penerapan pola pikir bertumbuh, terpadu, keleluasaan waktu, jenis asesmen, teknik dan instrumen yang dipakai, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dan mengolah hasil asesmen baik formatif maupun sumatif,” terangnya.  

Selain itu Ia juga menjelaskan kepada audiennya menganai asesmen diagnostik,  asesmen formatif dan asesmen sumatif. Namun ia juga mengingatkan bahwa asesmen sumatif  tidak selalu dilakukan di akhir pembelajaran.

Harapannya, melalui kegiatan sosialisasi ini dapat menambah pemahaman dan wawasan kepada tenaga pendidik di MAN Kota Magelang,  sehingga terbentuknya profil pelajar Pancasila yang meliputi beriman dan bertaqwa, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. (Muflihtul/Hari/rf).