Peserta Didik Kelas VIII MTs N 1 Pekalongan Ikuti Gladi ANBK 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Rabu, (14/09) sebanyak 45 peserta didik MTs N 1 Pekalongan kelas VIII mengikuti gladi Asesemen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi dan Numerasi, Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.

Gladi ANBK MTs N 1 Pekalongan berlangsung selama dua hari yaitu hari Rabu dan Kamis, 14-15 September 2022. Gladi hari pertama menempuh materi Literasi dan survei karakter dan selanjutnya gladi hari kedua yaitu hari Kamis, 15 September 2022 sub materi Numerasi dan Survei lingkungan belajar. Gladi ANBK dilaksanakan mulai pukul 07.30 – 09.40 WIB di ruang lab komputer.

Peserta gladi ANBK merupakan peserta didik kelas VIII secara sampling atau acak yang sudah ditetapkan oleh pusat data. Peserta gladi ANBK terdiri atas 45 peserta dan 5 peserta cadangan dengan distribusi 22 peserta di ruang Laboratorium Komputer 1 dan 23 peserta di ruang laboratorium computer 2.

Kepala madrasah Drs. H. Mukhlisin, Dip.Ed., yang diwakilkan oleh Waka Kurikulum Eni Muhanah, S.Pd. menjelaskan, gladi dilaksanakan 14 dan 15 september 2022. “Tujuan dari gladi ini untuk melatih kesiapan Proktor dan Teknisi ANBK setiap madrasah, dan mengecek kondisi media ANBK di madrasah dalam persiapan pelaksanaan ANBK,” jelasnya, Rabu (14/9/2022).

Selain itu, untuk memastikan aplikasi yang digunakan pada pelaksanaan ANBK dapat berjalan dengan baik.
Dikatakannya, ANBK merupakan salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan yang dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar di madrasah.

“Asesmen yang diukur dalam kegiatan ini adalah Literasi Membaca dan Literasi Numerasi, Survei Karakter, serta Survei Lingkungan Belajar,” terangnya.

Eni Muhanah menambahkan bahwa kegiatan gladi ANBK hari pertama di madrasah berjalan lancar tanpa kendala dan berharap lancar juga untuk hari berikutnya (IY, US/MTb/bd)