081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Realisasikan  Jiwa Korsa, Siswa Siswi Mascot Yang Tak Ikut ANBK Gelar Doa Bersama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Jiwa Korsa memiliki banyak arti tergantung orang yang mengartikannya, Bagi siswa siswi Mascot, jiwa korsa merupakan jiwa kebersamaan yang telah ditanamkan semenjak mereka masuk menjadi siswa baru melalui latihan dasar kepemimpinan. Jiwa korsa yang ditanamkan adalah  rasa hormat, kesetiaan, kesadaran, tumbuhnya rasa senasib sepenanggungan, perasaan solidaritas, semangat persatuan dan kesatuan, tidak mementingkan diri sendiri dan semangat kebersamaan dalam mencapai cita-cita bersama yaitu mewujudkan prestasi madrasah di semua bidang baik akademik maupun non akademik.

Dalam rangka merealisasikan jiwa korsa tersebut, siswa siswi Mascot yang tidak ikut kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), menggelar doa bersama di halaman madrasah yang dipimpin oleh wakil kepala bidang akademik dan wakil kepala bidang kesiswaan. Doa bersama yang diselenggarakan mulai pukul 07.00 WIB itu untuk mendoakan 45 siswa siswi lainnya yang menjadi perwakilan peserta ANBK agar mereka mendapatkan petunjuk dan dimudahkan oleh Allah SWT dalam mengerjakan soal-soal Asesmen.  

“Sebagaimana arahan yang diberikan oleh kepala madrasah, Kami sengaja tidak meliburkan anak-anak yang tak mengikuti ANBK, mereka tetap berangkat sebagai bentuk solidaritas dan kebersamaan terhadap anak-anak yang menjadi perwakilan ANBK. Sebagian besar anak-anak yang tidak mengikuti ANBK ini, Kami ajak berdoa bersama untuk mendoakan mereka yang sedang berjuang mengerjakan soal-soal asesmen agar mereka mendapatkan petunjuk dan dimudahkan oleh Alloh SWT dalam mengerjakan soal-soal Asesmen,” terang Tri Purwati selaku wakabid kesiswaan.   

Diadakannya ANBK ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi bagi peserta. Melalui ANBK, dapat diukur sejauh mana kemampuan literasi membaca setiap peserta. Hal ini tentu dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk dapat meningkatkan kemampuan literasi masing-masing peserta. Keberhasilan ANBK Mascot yang dilaksanakan selama 4 (empat) hari (18-21 September 2022) ini akan menentukan kapabilitas anak-anak Mascot dalam literasi. Oleh karena itu diperlukan jiwa korsa dalam bentuk doa bersama dari seluruh keluarga besar Mascot agar kesuksesan ANBK dalam bingkai kebersamaan dapat diraih atas ridlo Allah SWT.

Hal tersebut sebagaimana yang dikatakan Rofingatun Widiyanti selaku Wakabid Akademik sekaligus sebagai ketua panitia pelaksana ANBK, bahwa keberhasilan ANBK Mascot  yang dilaksanakan selama 4 (empat) hari (18-21 September 2022) ini akan menentukan kapabilitas anak-anak Mascot dalam literasi. Oleh karena itu diperlukan jiwa korsa dalam bentuk doa bersama dari seluruh keluarga besar Mascot agar kesuksesan ANBK dalam bingkai kebersamaan dapat diraih atas ridlo Allah SWT,” ucap Yanti.

Keberhasilan madrasah adalah keberhasilan kita bersama, kebaikan mascot adalah kebaikan kita semua, oleh karena itu jaga persatuan dan kekompakan dan jangan terpecah belah. Itulah kalimat motivasi yang sering diucapkan oleh kepala Mascot Leken Setyadi dalam berbagai pertemuan. (rw/rf).