Seksi Bimas Islam Gelar Rakor Guna Percepat Peningkatan Kualitas Layanan KUA

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Rapat koordinasi yang diinisisasi oleh seksi Bimas Islam Kankemenag Kota Magelang yang digelar di aula kantor pagi ini membahas mengenai perlunya up data Masjid dan Mushola, (Kamis, 8/9).

Rapat yang dihadiri oleh para Kepala KUA Kecamatan, Penyuluh Agama Islam PNS, Staf Bimas dan Humas ini berlangsung dengan efektif. Didampingi Kasi Bimas Islam, Kepala Kankemenag Kota Magelang ketika membuka acara mengingatkan tentang peran penting penyuluh agama dalam berikan bimbingan bagi umat, serta tugas keadministrasian lainnya.

“Kita harus memiliki semangat yang kuat untuk mewujudkan KUA sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel, dan moderat guna meningkatkan kualitas umat beragama. Mau tidak mau Kepala KUA, Staf dan penyuluh agama menjadi elemen utamanya,” ujar Sofia Nur.

“Tusi penyuluh agama kini semakin melebar, tidak hanya berikan pembinaan kepada umat semata, namun ada tambahan tugas lain. Tapi saya yakin, dengan dedikasi penyuluh seperti yang ada sekarang ini, akan mampu menunaikan tugas dengan baik,” imbuhnya.

Senada dengan arahan Kepala Kantor, Kasi Bimas Islam mempertegas peran dan fungsi KUA Kecamatan.

“Meskipun  dari segi sarana dan prasarana yang ada di KUA serba terbatas, tapi janganlah menjadikan semangat dan mental kita menurun. Peningkatan  layanan publik dan transformasi layanan telah menjadi kebijakan Menteri Agama. Mari kita bahu membahu untuk menyukseskannya,” kata Helmi.

“Untuk tingkatkan kualitas layanan di bidang agama Islam, kita perlu up date data secara periodik, agar valkiditas datanya terjamin,” pungkasnya kemudian.

Rakor yang digelar hari selain untuk pembaharuan data juga untuk mengevaluasi kinerja KUA Kecamatan, Staf dan penyuluh agamanya dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik. (Hari/rf).