Selamat Untuk Para Pemenang KSM Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas)- Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2022 telah usai dilaksanakan. KSM merupakan sebuah kegiatan yang digelar oleh Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah sebagai wahana membangun semanagat kompetisi sains dikalangan siswa madrasah. Pembukaan sukses digelar secara daring di 500 titik lebih, dengan 3 titik utama di MAN 1 Banyumas, MTsN 1 Pati dan Kanwil Kemenag Prov. Jateng pada Jumat (9/9).

KSM dilaksanakan selama 2 hari pada Sabtu dan Minggu, 10-11 September 2022. Terlaksana terpusat dimasing-masing Kabupaten/Kota dan berlangsung serentak secara nasional pada waktu yang sama secara online. Secara Nasional Pendaftar KSM dari Provinsi Jawa Tengah terbanyak ke-2, yakni sebanyak 22.617 peserta atau meningkat 48%. Selanjutnya pengumuman pemenang KSM Provinsi pada 14 September 2022. 

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Saifulloh sampaikan selamat kepada seluruh pemenang dan berpesan supaya dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang saat ini telah diraihnya. Dirinya juga berterimakasih kepada para Pembina dan Pembimbing yang telah mengarahkan dan membimbing para siswa hingga sampai titik ini.

“Tujuannya KSM ini untuk memperteguh akhlak mulia, kreatifitas, inovatif, berkebangsaan, cerdas intelektual, emosional dan spiritual, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Selamat untuk para pemenang, semoga ilmunya dapat bermanfaat, tidak hanya bagi diri sendiri namun juga bagi Bangsa dan Negara,” tutur Saifulloh.

“Para peserta yang berhak mengikuti KSM tingkat nasional adalah juara pertama di tiap kategori pada masing-masing provinsi. KSM Nasional akan digelar secara luring di Jakarta pada Oktober 2022. Jadi untuk para juara I, tetap semangat untuk kembali berjuang di tingkat nasional membawa nama baik Madrasah Jawa Tengah. Semoga Allah SWT selalu menyertai,” imbuhnya.

KSM Nasional merupakan puncak tahapan seleksi KSM di tingkat nasional yang dimulai dari KSM Satuan Pendidikan, KSM Kabupaten/Kota, dan KSM Provinsi. Tahapan ini dimaksudkan untuk menjaring siswa terbaik per bidang studi KSM yang akan mendapatkan medali emas, medali perak, medali perunggu, atau penghargaan lainnya. Sebagai puncaknya KSM Nasional yang akan dilaksanakan tanggal 10 s.d. 14 Oktober 2022 di lokasi KSM Nasional DKI Jakarta.

Bidang yang dilombakan diantaranya untuk tingkat MI/SD : Matematika terintegrasi dan IPA terintegrasi, tingkat MTs/SMP : Matematika terintegrasi, IPA terpadu terintegrasi, IPS terpadu terintegrasi, dan tingkat MA/SMA : Matematika terintegrasi, Biologi terintegrasi, Fisika terintegrasi, Kimia terintegrasi, Ekonomi terintegrasi serta Geografi terintegrasi.

Berikut adalah daftar pemenang dari KSM tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2022: