Semangat! Modal Peserta Didik Mandabara Juara KSM Tingkat Provinsi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Salah satu peserta didik berprestasi Mandabara (MAN 2 Banjarnegara), Ahmad Hadi Musyaffa’ berhasil meraih juara Harapan III pada KSM (Kompetisi Sains Madrasah) tingkat Provinsi tahun 2022 bidang matematika dan menyampaikan motivasinya pada sesi pertemuan singkat pasca pengumuman lomba, Senin, (19/9).

“Modal saya adalah semangat! Alhamdulillah saya mendapat juara harapan III.  Ini adalah kesempatan ketiga sekaligus kesempatan terakhir saya mengikuti lomba KSM tingkat provinsi. Dulu pernah satu kali sewaktu masih bersekolah di MTs, sekali ketika kelas XI dan Alhamdulillah ketiganya mendapat juara 1 tingkat kabupaten serta lolos ke provinsi,” jelasnya.

Masih menurut Hadi, selain modal semangat, prestasi ini membutuhkan banyak usaha dan pengorbanan.

“Banyak pengorbanan seperti sering tidak masuk kelas dan bertemu dengan teman-teman karena bimbingan, harus menghafal dan memahami banyak hal yang berkaitan dengan materi keagamaan, karena lomba KSM ini materinya terintegrasi. Selain itu, karena saya anak pondok jadi harus pintar membagi waktu antara kegiatan sekolah dan kegiatan pondok. Saya juga mencoba untuk prihatin dengan puasa Senin kamis dan tak lupa selalu berdoa kepada Allah Swt.,” imbuhnya dengan semangat.

Ketika disinggung mengenai target apa selanjutnya yang ingin diraih, Hadi menuturkan bahwa dirinya ingin fokus mengejar materi pelajaran yang tertinggal. “Karena saya sudah kelas XII, saya akan fokus mengejar materi yang tertinggal dan menyelesaikan tugas dari guru,” tutupnya.

Gelaran KSM tingkat provinsi merupakan salah satu ajang bergengsi yang digelar pada 10 September 2022 oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dan merupakan lanjutan dari KSM tingkat kabupaten. Tak heran jika prestasi yang diraih Hadi cukup membanggakan bagi Mandabara. Ditemui di tempat terpisah, Ridlo Pramono selaku Kepala Madrasah menyampaikan rasa bangganya atas prestasi dan motivasi dari Hadi.

“Alhamdulillah selamat Ananda Hadi yang luar biasa sudah mengharumkan nama Mandabara di tingkat provinsi, terima kasih. Semoga bisa menjadi contoh bagi peserta didik lainnya,” harapnya. (ta/rf)