Setelah ANBK MTs Negeri 1 Kota Semarang Tempuh AKMI Dengan Penuh Semangat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Peserta AKMI Kelas VIII MTsN 1 Kota Semarang

            Beberapa hari yang lalu Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di MTs Negeri 1 Kota Semarang telah dilaksanakan selama dua hari yaitu pada Senin s.d. Selasa (19- 20/09/2022. ANBK dilaksanakan sejak pukul 07.30 s.d. 16.30 WIB. Adapun Mata pelajaran yang diujikan di hari pertama adalah Literasi Membaca selama 90 menit dan survei Lingkungan dikerjakan dalam waktu 30 menit, sedangkan materi yang diujikan pada hari ke dua adalah Numerasi selama 90 menit dan survei lingkungan Belajar selama 30 menit. Kegiatan ANBK di MTs Negeri 1 Kota Semarang diikuti sebanyak 50 siswa (45 peserta dan 5 cadangan). Siswa yang mengikuti ANBK dipilih secara acak oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang. Pengawas selama ANBK berasal dari guru madrasah lain

            Selama kegiatan ANBK para siswa mengerjakan materi dengan sungguh-sungguh. Sebelumnya para siswa yang mengikuti ANBK diberikan pelatihan dalam mengerjakan soal literasi maupun numerasi, sehingga para siswa siap menghadapi ANBK dengan baik dan lancar. “Soalnya agak sulit, teksnya panjang dan harus jeli saat memilih jawaban. Soalnya tidak seperti mata pelajaran, tapi lebih mengasah kemampuan membaca, berhitung, dan bernalar. Agak pusing waktu mengerjakan soal. Tapi insya Allah saya bisa menjawab,”kata Muhammad Naufal, kelas VIIIA, dengan percaya diri.

            Selain ANBK di MTs Negreri 1 Kota Semarang juga mengikuti Asesmen Kompetensi Madarasah Indonesia (AKMI). AKMI merupakan penilaian kompetensi mendasar terhadap seluruh murid madrasah jenjang MI, MTs, dan MA sebagai alat ukut untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. AKMI merupakan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Tujuan AKMI sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter. Hasil asesmen AKMI ini nantinya dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.

Peserta AKMI MTsN 1 Kota Semarang

            Kegiatan AKMI di MTs Negeri 1 Kota Semarang ini dilaksanakan selama empat hari, yaitu Sabtu sampai Rabu (24-28/09/2022). AKMI diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII. Dimulai dari jam  07.30 s.d. 10.15 bagi sesi pagi dan jam 10.30 s.d. 13.30 bagi sesi siang. Materi yang diujikan antara lain literasi, sains, numerasi, dan survey karakter. Sebelum melaksanakan AKMI, siswa kelas VIII diberi arahan dan bimbingan materi yang akan diujikan oleh Bapak dan Ibu guru mapel (Bahasa Indonesia, IPA, dan Matematika). Bimbingan materi dilaksanakan setelah pulang sekolah, selama 3 minggu.

            Baik ANBK maupun AKMI dilaksanakan dengan sistem online dalam bentuk Computer Based Test (CBT). Kegiatan ANBK dan AKMI dilakukan di laboratorium komputer yang terdiri dari tiga lab. komputer yang dibantu oleh seorang proktor pada setiap ruangan labnya. “Sebagaimana ANBK, pelaksanaan AKMI di MTs Negeri 1 Kota Semarang telah berlangsung dengan lancar dan sukses. Walaupun kendala hanya di jaringan internet yang kurang stabil. Namun, hal tersebut dapat kami atasi dengan baik dan tetap penuh semangat,” Kata H. Marjoko, selaku Waka Kurikulum MTs Negeri 1 Kota Semarang. (Humas Emtessa/bd)