081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Sinergi Pemda, Kemenag dan PMI Peduli Masyarakat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Dalam rangka mengantisipasi dampak terjadinya bencana alam yang ada di wilayah Brebes, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Brebes saat ini sedang melaksanakan Bulan Dana PMI dan gencar mensosialisasikan Bulan Dana PMI di 17 kecamatan se-Kabupaten Brebes.

Seperti yang dilaksanakan pada hari Senin, (12/09/2022) di Aula  Kecamatan  Paguyangan merupakan  urutan ke-5 dari 17 kecamatan yang akan dijadikan lokasi sosialisasi Bulan Dana PMI 2022, kegiatan kali ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, Drs. H, Fajarin, H, Narjo Wakil Bupati Brebes, Ketua PMI Brebes H. Wahidin, Camat Paguyangan, Para kepala desa sekecamatan Paguyangan, para kepala sekolah dan madrasah Se-kacamatan Paguyangan, Ormas, Organisasi kepemudaan dan Para Pengusaha yang ada di Kec. paguyangan  sebanyak 127 orang peserta.

Sosialisasi dipimpin langsung oleh Camat Paguyangan dengan narasumber penasehat PMI Kabupaten Brebes H. Narjo didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes dan PMI Kab. Brebes.

“Kami berharap PMI akan mendapatkan donasi atau sumbangan  yang memuaskan  dan sifatnya sukarela dari para donator yang ada di kecamatan Paguyangan,” kata Camat paguyangan saat menyampaikan sambutan pembukaan sosialisasi di Pendopo Kecamatan Paguyangan. 

Pengumpulan donasi oleh  PMI,  yang menyasar seluruh unsur masyarkat di kecamatan Paguyangan   baik institusi pemerintah seperti  kantor kecamatanan, desa dan BUMN, ASN, Pihak Swasta dan masyarakat yang secara suka rela tanpa paksaan memberikan donasinya dipercayakan kepada PMI, hal itu yang disampaikan oleh Wakil Bupati Brebes.

Beliau mendoakan kepada masyarakat khususnya kecamatan Paguyangan khususnya dan Brebes pada umumnya agar dijauhkan dari bala dan bencana, ekonominya dapat bertumbuh sehingga mampu lebih banyak memberikan donasinya sebagai bukti kepedulian terhadap saudara-saudara lainya yang membutuhkan uluran tangan dari masyarakat Paguyuangan dan kita semuanya.

H. Narjo menjelaskan, “Pengumpulan sumbangan Dana PMI Brebes  pada tahun 2021 memperoleh 1 milyar lebih, dan harapanya pada tahun ini  akan mencapai target 1,5 milyar dan semoga mendapat lebih dari 2 Milyar, sehingga banyak saudara kita yang diuji dengan bencana dapat dibantu dan diringankan penderitaanya,” paparnya.

“Penggalangan dana ini bukan pungutan liar. Ini sah secara undang-undang dan tidak melanggar hukum serta sebagai pertanggungjawaban kami kepada masyarakat. Untuk laporan keuangannya juga selalu diaudit oleh akuntan publik,” imbuh pria yang akan mengakhiri jabatan wakil bupati dua periode pada bulan oktober 2022.

Di kesempatan terpisah H. Fajarin selaku Kepala Kantor Kemenag Brebes, sangat mendukung usaha dan upaya PMI Kab. Brebes dalam rangakan pengalangan donasi bagi PMI, dan akan menggerakan ASN dilingkungan Kemenag Brebes untu ikut berdonasi secara aktif  baik donor darah, maupun donor materi.

Dari acara  Sosialisasi Bulan Dana PMI 2022 khusus diwilayah Kecamatan Paguyangan  mendapatkan Komitmen Rp. 56. 800.000 dari para donator,  sehingga dari lima kecamatan yang sudah diadakan sosilaisasi bulan dana PMI 2022 yaitu kecamatan Brebes   Rp. 112.600.000, kecamatan Salem RP.50.00.000, kecamatan Wanasari  Rp.47.100.000,  dan kecamatan Bantarkawung  Rp.22.200.000,  jadi totol terkumpul dana sebesar Rp. 288.700.000.(Hid/Sua)