Siswi MAN 2 Kudus Raih  Prestai Juara 1 LKTIN  UNDIP

Atas Prestasi yang diraih peserta didik beserta pembimbing dalam ajang lomba “Karya Tulis Ilmiah Nasional Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang”.
Seluruh peserta harus mengikuti beberapa tahap seleksi yang dimulai pada tanggal 31 Mei 2022, pengumuman lolos abstrak pada 10 Juni 2022, dilanjutkan penelitian dimulai 11 Juni – 10 Juli 2022. Pengumuman 10 besar finalis pada 16 Agustus, final lomba pada Sabtu 10 September 2022 dengan cara presentasi dan Tanya jawab melalui media zoom meeting. Pengumuman pemenang dilaksanakan tanggal 11 September 2022. Alhamdulilah, peserta didik MAN 2 Kudus keluar sebagai juara pertamanya.

Delegasi riset MAN 2 Kudus atas nama Anas Zaskia Athaya P. (12 IPA 5), Iffana Alayya N. (12 IPA 5), Farhatun Rizqiyah (11 IPA 4) dengan guru pembimbing Mutiara Hapsari, M.Si. berhasil menyabet juara pertama dengan judul karya: “ Inovasi Kotak Pendingin Daging Termodifikasi Ekstrak Daun Pala dengan Insulasi Berbahan Batang Pisang Ambon Untuk Pedagang Daging di Pasar Tradisional”.

Penelitian ini berawal dari pengamatan siswa tim riset MAN 2 Kudus yang melihat bahwa salah satu penanganan yang dilakukan untuk mempertahankan mutu daging bagi para pedagang di pasar tradisional adalah dengan menggunakan kotak pendingin yang terbuat dari styrofoam. Styrofoam sendiri sebenarnya tidak ramah terhadap lingkungan dan berbahaya bagi kesehatan jika digunakan untuk makanan, sehingga pada penelitian ini dilakukan modifikasi kotak pendingin berlapis ekstrak daun pala dengan insulasi berbahan batang pohon pisang ambon.

Kepala MAN 2 Kudus, Drs. H. Shofi, M.Ag. menyambut gembira atas prestasi ketiga siswanya yang berhasil meraih penghargaan juara pertama LKTI Nasional 2022 yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Diponegoro, Semarang, serta berharap agar seluruh siswa tetap semangat belajar menuntut ilmu dan terus meraih prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik, baik di tingkat nasional maupun internasional.(Widya/bd).