Upayakan Tingkatkan Kualitas Layanan haji, Seksi PHU Langsungkan Rakor Dengan KBIHU dan BPS

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kota Magelang gelar rapat koordinasi evaluasi layanan haji di Aula Kantor, Jum’at (30/9/2022). Hadir dalam kegiatan ini selain staf PHU dan KBIHU, juga dari Bank Penerima Setoran (BPS) yakni PT Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia dan Bank Jateng.

Dalam laporannya, Kasi PHU Agus Syafei menyampaikan keinginannya untuk meningkatkan layanan bagi calon jama’ah haji. Ia juga menyampaikan rakor ini bertujuan melakukan sinkronisasi data calon jemaah sesuai yang tercantum di Siskohat. “Konsolidasi data penting untuk menjadi pedoman untuk memetakan calon jemaah di masing-masing KUA,” jelas Agus Syafei.

Disisi yang lain, Kepala Kankememag Kota Magelang sambutannya menyampaikan rasa optimismenya terhadap peningkatan layanan terkait dengan program revitalisasi KUA.

“Alhamdulillah penyelenggaraan haji di tahun 2022 ini berjalan dengan lancar. Jama’ah terlayani dengan baik, sehingga tidak ada persoalan baik ditanah air maupun Ketika di tanah suci. Namun demikian kedepan kita akan berupaya semaksimal mungkin  agar kualitas layanan yang diberikan oleh Kementerian Agama Kota Magelang lebih baik,” ujar Sofia Nur.

“Pelayanan haji selama ini dianggap hanya musiman, padahal pada praktiknya harus dilakukan sepanjang tahun. Tahun depan menjadi tantangan tersendiri, karena harus mempertahankan pelayanan mengingat pelaksanaan tahun 2022 lalu dianggap sukses. Jama’ah haji regular berasa  dengan fasilitas haji plus,” tandas  Sofia Nur.

Rapat koordinasi Seksi PHU kali ini lebih fokus menjaring saran dan masukan dari KBIHU dan pihak bank penerima setoran ongkos naik haji. Selain itu juga untuk inventarisir berbagai persoalan dan juga inovasi guna peningkatan layanan bagi jama’ah haji.

Dikesempatan ini pula dihadirkan Abdul Jalil, sebagai narasumber dari Kanwil Kemenag Provinsi Jawa tengah yang khusus berikan pencerahan mengenai cara kerja dan jaringan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) yang selama ini digunakan. (Hari/rf).