Visitasi Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) Kankemenag Kota Pekalongan

Kota Pekalongan – Dalam dunia pendidikan, Penilaian merupakan hal yang mutlak dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memperbaiki target yang ingin dicapai, penilaian tidak hanya berlaku pada siswa saja dalam proses pembelajaran tapi juga berlaku pada komponen dan stakeholder yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan.

Seperti hari ini Senin,19/09/2022 tim visitasi Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) Kankemenag Kota Pekalongan melakukan Visitasi PKKM di beberapa madrasah sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Dijelaskan oleh Ali Suparman selaku Kapokjawas Kankemenag Kota pekalongan, salah satu agenda rutin yang harus dilalui oleh lembaga pendidikan seperti madrasah dan lainnya selain akreditasi lembaga adalah PKKM.

“Bentuk evaluasi yang lebih menitikberatkan pada capaian dan kinerja yang telah dilakukan seorang kepala madrasah dalam memanage lembaganya. Jika seorang kepala madrasah memiliki tugas dalam supervisi para bawahannya, maka sebagai top manager dalam suatu lembaga, kepala madrasah juga akan dievaluasi dalam suatu agenda berbunyi PKKM.” tuturnya.

“Tujuan visitasi yaitu memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab dalam serta supervisi pada madrasah yang dipimpin. Banyak point yang divisitasi yaitu terkait usaha pengembangan Madrasah, pelaksanaan tugas managerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan, dan hasil kinerja kepala madrasah.” Jelasnya lebih lanjut. (Zhr/Ant/bd)