๐—Ÿ๐—ผ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ ๐— ๐—”๐—ฃ๐—ฆ๐—œ ๐—ฆ๐—— ๐—ซ๐—ซ๐—œ๐—œ๐—œ ๐—ง๐—ถ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐˜ ๐—ž๐—ฎ๐—ฏ๐˜‚๐—ฝ๐—ฎ๐˜๐—ฒ๐—ป ๐—–๐—ถ๐—น๐—ฎ๐—ฐ๐—ฎ๐—ฝ ๐——๐—ถ๐—ฏ๐˜‚๐—ธ๐—ฎ

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

CILACAP — Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (KKG-PAI SD) menggelar Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islam (MAPSI) Tingkat Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Cilacap di Korwil Bidik Cilacap Selatan pada Selasa-Rabu (4-5/09/2022). Lomba tersebut diikuti oleh SD dari 25 kecamatan di Kabupaten Cilacap. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia Lomba MAPSI XXIII Kabupaten Cilacap, Mugiyo.

Adapun kategori yang dikompetisikan antara lain Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pengetahuan Baca Tulis Al-Qurโ€™an (Tes Tertulis, Praktek wudhu, dan Gerakan bacaan sholat dan Tartil) putra dan putri, Lomba Adzan dan Iqamah, Lomba Ketrampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi Islami putra dan putri, Seni khitabah putra dan putri, Seni kaligrafi putra dan putri, Seni Mocopat putra dan putri, Seni Tilawah Al-Qurโ€™an putra dan putri, Seni Khifzil Qurโ€™an Islami putra dan putri.

“Peserta yang bertanding hari ini merupakan peserta yang lolos MAPSI tingkat kecamatan, dan nantinya yang menang di tingkat kabupaten akan mewakili Kabupaten Cilacap di tingkat provinsi,” ujar Mugiyo pada Humas Kemenag Cilacap.

Ia menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki kecerdasan dan ketrampilan dalam menghadapi persaingan global dan tidak melupakan jatidiri sebagai bangsa Indonesia, serta menerapkan ajaran agama dengan benar, beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlakul karimah sekaligus mencari bibit-bibit unggul dan kafilah terbaik untuk menjadi duta Kabupaten Cilacap dalam mengikuti lomba MAPSI tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI Kabupaten Cilacap Mugiyo menambahkan bahwa perlombaan ini merupakan upaya untuk menggali bakat dan minat siswa. Siswa dapat menyalurkan bakat dan minatnya pada keterampilan bernuansa islami dan membentuk diri menjadi pribadi yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Kegiatan yang diawali dengan sambutan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, H. Imam Tobroni, S.Ag, MM dan dibuka oleh Bupati Cilacap, H. Tato Suwarto Pamuji ini direncanakan selesai pada hari Rabu (05/10/2022). (humas/agsbd/bd)