081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Belajar Dunia Penerbangan di Lanud JB Soedirman

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Sudah menjadi agenda rutin RA, pada setiap tema diadakan kegiatan puncak tema. Dan pada tema “keluargaku” sub tema “pekerjaan”, Darul Athfal (DA) Cokroaminoto 02 Rejasari berkesempatan bisa berkunjung ke Pangkalan Udara Jenderal Besar Soedirman Wirasaba Purbalingga (4/10). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anak didik dan didampingi oleh wali murid. Menurut Umi Nurmaidah, kegiatan kunjungan ini bertujuan untuk menambah wawasan bagi anak tentang dunia kedirgantaraan.

“Dengan kegiatan ini diharapkan anak memiliki pengalaman langsung tentang kedirgantaraan. Dan sangat beruntung karena kunjungan kali ini bertepatan dengan adanya kegiatan latihan terbang. Jadi anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan pesawat terbang,” jelas Umi

Dalam kegiatan kunjungan ini anak-anak diberi edukasi tentang perbedaan Pangkalan udara dan bandara. Dalam kesempatannya, Edi Suprapto selaku PJ Kadis Podinka menerangkan bahwa salah satu fungsi Landasan Udara adalah pembinaan terhadap masyarakat tentang matra udara.

“Lanud JB Soedirman atau Wirasaba terbuka untuk masyarakat atau lembaga yang ingin mengadakan kunjungan. Lanud ini membawahi 12 Kabupaten/Kota wilayah Udara. Jadi semua aktifitas udara yang ada di bawah naungan wilayahnya, harus lapor. Perlu diketahui pula, bahwa Lanud dan Bandara itu berbeda. Kalau Lanud itu di bawah komando Dan Lanud dan Bandara di bawah naungan Angkasa Pura. Untuk kunjungan silakan lembaga membuat surat permohonan terlebih dahulu, dan untuk pelaksanaan nanti akan kami informasikan waktunya,” jelas Edi Suprapto

Pada kesempatan lain, anak-anak juga mendapat edukasi tentang pesawat. Dalam edukasinya, Edi Sumarto menerangkan tentang komponen bahan pembuat pesawat, bagian-bagian pesawat serta nama-nama tempat yang ada di Lanud. Beliau juga memotivasi anak-anak agar bercita-cita menjadi anggota TNI AU dan menjadi penerbang yang hebat.

Sangat beruntung, kunjungan kali ini bertepatan dengan adanya latihan terbang dari Skuadron 7 Lanud Suryadarma Subang Jawa Barat. Sehingga anak-anak bisa menyaksikan proses pendaratan dan penerbangan pesawat Helikopter Colibri, bahkan bisa berinteraksi secara langsung dengan pesawat.

“Bu umi, aku kalau besar mau jadi pilot pesawat,” ucap arka, salah satu anak didik.

“Dengan kegiatan ini kami berharap anak-anak mempunyai motivasi untuk sekolah setinggi-tingginya dalam menggapai cita-cita,” pungkas Umi (ak/rf)