Bupati Tegal Resmikan Kegiatan Bulan Bahasa di MAN 1 Tegal

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Slawi – Madrasah Aliyah Negeri 1 Tegal menggelar Lomba Bulan Bahasa pada tanggal 18 – 21 Oktober. Berbeda dengan sebelumnya, bulan bahasa tahun ini dikemas dengan perpaduan Expo dari kelas ketrampilan yang menampilkan produk di jurusunnya, serta menghadirkan kerjasama dari pihak luar antara lain: Grafindo, Wardah Kosmetik dan Yamah Motor Slawi.

Kegiatan Bulan Bahasa tahun ini langsung diresmikan oleh Bupati Tegal Umi Azizah dan dihadiri Ka.Kankemenag Kab. Tegal H. Farkhan, pada Selasa (18/10) di Indor madrasah. Beragam lomba dikompetisikan di bulan bahasa yang dipertandingkan selama empat hari, antara lain : lomba DAI, story telling, video vlog, drama, musikalisasi puisi, fotografi, menyanyi solo, poster, kebersihan kelas, dan tahfidz.

Dalam sambutannya Bupati Tegal Umi Azizah menyampaikan rasa bangganya terhadap siswa MAN 1 Tegal dengan adanya kegiatan bulan bahasa. “Siswa madrasah harus kreatif, inovatif, punya jiwa mandiri dan berani berkarya. Sama halnya seperti kalian, saya juga lulusan madrasah yakni MTs Mahadut Tholabah,” ucap Umi Azizah.

Beliau juga menambahkan kegiatan semacam ini sangat baik sebagai ajang mengekspresikan diri siswa dalam mengembangkan talenta dan menyalurkan bakat yang dimiliki, bahkan sebagai ekspresi diri untuk memperingati bulan bahasa dengan cara berkarya.

H. Farkhan selaku Ka.Kankemenag Kab. Tegal turut mengapresiasi kegiatan Bulan Bahasa yang dilaksanakan. Karena menurutnya, disamping menjadi sarana pengembangan bakat, kegiatan ini juga bisa menjadi sarana untuk menguatkan nasionalisme generasi muda.

Hal senada disampaikan Kepala MAN 1 Tegal, Imam Shofwan. “Kegiatan ini merupakan wahana bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat dan kompetensinya di bidang kebahasaan,” ujar Imam Shofwan.

Tanggapan positif pun datang dari siswa MAN 1 Tegal. Ellen siswa kelas XII Agama 2 misalnya, merasa bahwa lomba bulan bahasa yang dilaksanakan ini, merupakan ruang bagi dirinya untuk menyalurkan bakat di bidang public speaking.

“Apalagi saya senang public speaking jadi saya mengikuti lomba DAI. Lomba yang diadakan sangat meriah, saya pun turut senang. Semoga tahun mendatang,  desain acaranya bisa dikemas lebih baik lagi,” tutur Elen. (nuris/bd)