Gandeng Puskesmas, MAN Pekalongan Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN – Kamis (6/10/22) MAN Pekalongan bekerjasama dengan Puskesmas Kedungwuni 1 menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan. Kegiatan pemeriksaan kesehatan diikuti peserta didik kelas X sejumlah 317 di area parkir lantai 1 pukul 08 30 – 12.00 WIB. Kegiatan pemeriksaan kesehatan dipimpin dr. Zaki dan dr. Abdan serta tim Puskesmas Kedungwuni 1.

Adapun kegiatan pemeriksaan kesehatan meliputi mata, telinga, hidung, mulut, kuku dan rambut. Pemeriksaan mata untuk mengetahui buta warna. Pemeriksaan telinga untuk mengetahui kotor atau tidaknya telinga. Pemeriksaan hidung untuk mengetahui influensa. Pemeriksaan mulut untuk mengetahui sariawan dan amandel. Pemeriksaan kuku untuk mengetahui kuman yang bersarang di kuku yang panjang. Pemeriksaan rambut untuk mengetahui ada tidak tumbuh kembang kutu rambut.

Tujuan rangkaian pemeriksaan untuk mengetahui kesehatan telinga, hidung, mulut dan mata. Kegiatan pemeriksaan juga untuk mengetahui kemungkinan tumbuh kembang berbagai penyakit. Di samping kegiatan pemeriksaan kesehatan berfungsi memetakan kondisi kesehatan secara umum pelajar di Kabupaten Pekalongan.

Tampak peserta didik MAN Pekalongan sangat antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan. Peserta didik secara bergiliran antri untuk diperiksa petugas satu persatu. Para petugas kesehatan dengan sigap, cekatan dan profesional melayani pemeriksaan peserta didik. Dengan sangat teliti petugas melakukan pemeriksaan. Kegiatan diawali cek berat badan, tinggi badan dan tensi. Setelah itu pemeriksaan mulut, hidung, telinga dan mata. Kegiatan berjalan lancar dan tidak ditemukan penyakit serius. Peserta didik MAN Pekalongan dikategorikan dalam keadaan sehat wal afiat.

Harapan kerja sama pemeriksaan sehat ini dapat berlangsung secara rutin dan berkesinambungan. Pemeriksaan kesehatan mampu memetakan kesehatan pelajar di Kabupaten Pekalongan. Semoga tercipta generasi sehat dan kuat menuju Indonesia hebat. (MC-NA/MTb/bd)