Gelar Capacity Building, Kepala KUA dan Penghulu Harus Profesional dan Berkualitas

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Blora – Seksi Bimas Islam pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora pada Sabtu (1/10) menggelar Capacity Building yang bertempat di Hotel Grand Rosela Yogyakarta. Kegiatan pengembangan kapasitas tersebut dilakukan secara formal dan informal dengan narasumber Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora M.Kafit.

M. Kafit yang didampingi oleh Plt Kasubbag TU Imam Sofwan, Kasi Bimas Islam Kholid dan Ketua APRI Jawa Tengah Suryani Kamali dan Ketua APRI Kabupaten Blora Lasno menyampaikan bahwa penghulu perlu melakukan pengembangan kapasitas diri.

“Seperti yang disampaikan oleh Pak Kasi Bimas Islam, Pak Kholid tadi, perlu sekali peningkatan skill penghulu salah satunya dari hal kecil yaitu menguasai Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Jika sewaktu-waktu menikahkan dengan bahasa tersebut harus bisa.” kata Kakankemenag

Penghulu memiliki peran penting dan strategis sebagai garda depan Kantor Urusan Agama (KUA) dalam pelayan masyarakat dalam soal-soal pernikahan maupun keagamaan. Dan untuk memaksimalkan peran mereka dibutuhkan internalisasi, kontrol, dan objektifikasi terkait konsep dan model layanan yang prima terkait dengan pengembangan kemampuan (ability), sikap (attitude), penampilan, perhatian (attention), tindakan (action), dan pertanggungjawaban. 

Sedangkan menurut Kholid peningkatan kapasitas penghulu yang diwujudkan dalam kegiatan nonformal, menantang kekompakan dalam kebersamaan yang dibuktikan dengan outbond dan adanya costum yang diseragamkan. Sehingga melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas budaya kerja dan penguatan kepemimpinan dari penghulu.(nn/rf)