081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Gudep Cakrayudha MAN 1 Surakarta Gelar Dianpinsa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – Dewan Ambalan Cakra Yudha Gudep 05.195-196 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta mengadakan
kegiatan DIANPINSA (Gladian Pimpinan Sangga) yang mengusung tema “Pretana Bhadrika Nirbaya”. Kegiatan dilaksanakan pada
Sabtu s/d Ahad (1 – 2/10/2022), bertempat di gedung lokal barat MAN 1 Surakarta. Peserta kegiatan ini yaitu seluruh calon anggota Dewan Ambalan kelas XI masa bhakti 2022/2023 MAN 1 Surakarta. “Kegiatan yang ditujukan kepada calon dewan ambalan berisi pembekalan materi tentang tata cara menjadi dewan, kepramukaan dan lain-lain, sehingga mereka itu siap kalau menjadi Dewan Ambalan kelak,” ujar Muhammad Sholahudin Al Ayyubi selaku ketua panitia.

Kegiatan dibuka di Lapangan Pangestu di lanjutkan penyampaian materi mengenai teknik kepramukaan, kesekretariatan, manajemen dan leadership. “Materi kesekretariatan secara singkat membahas mengenai cara berorganisasi di Pramuka sehingga siap tampil di depan masyarakat,” ujar Rahman selaku pemateri. Kegiatan selanjutnya yaitu jelajah alam yang di bagi menjadi 5 pos. Setiap pos mencakup materi kerohanian, kepramukaan dan minat bakat. Selanjutnya berakhir dengan kegiatan senam pagi dan upacara penutupan pada ahad (2/10).”Kegiatan dilakukan agar calon dewan terbentuk menjadi sosok yang memiliki mental yang sportif, jujur, amanah dan bertaqwa kepada tuhan Yang Maha Esa,” ujar Sagiyono selaku pembina Pramuka MAN 1 Surakarta.

Seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan antusias. Fathurrahman Rizky Wijaya salah satunya. Sebagai salah satu peserta, ia mengatakan bahwa kegiatan Dianpinsa sangat seru, menarik, tersusun rapi dan hal yang paling berkesan adalah saat jurit malam. “Sudah panik saat ada temen yang dikira hilang saat diakhir pos dan ternyata hanya di sembunyikan. Harapannya setelah berjalan kegiatan ini calon Dewan Ambalan dapat mengimplementasikan ilmu yang telah di dapat kemudian dimanfaatkan terutama di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya (FJ/my/bd)