Hari Libur, Kemenag Pati Tetap Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

PATI – Semangat pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati untuk terus menjaga dan melestarikan Pancasila sebagai satu-satunnya falsafah dan idelologi bangsa Indonesia ditunjukkan dengan turut melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Sabtu, (1/10/2022).

Meskipun pelaksanaannya bertepatan dengan hari libur kerja (Sabtu), namun itu tidak menyurutkan semangat para pegawai untuk hadir di halaman kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati tempat digelarnya upacara tersebut.

Upacara diikuti oleh seluruh pimpinan unit kerja beserta staf, kepala kantor urusan agama (KUA) beserta staf, Pengawas pendidikan agama, dan penyuluh agama di lingkungan Kemenag Kabupaten Pati.

Pada pelaksanaan upacara, dibacakan ikrar kesetiaan kepada Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagaimana naskah ikrar yang dibacakan Ketua DPR RI, Puan Maharani pada pelaksanaan upacara serupa tahun 2021 di Monumen Pancasila Sakti.

Naskah ikrar tersebut menyatakan bahwa sejak Kemerdekaan Negara Republik Indonesia diproklamasikan pada 17 Agustus 1945, secara nyata banyak pihak yang berusaha merongrong Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ia mengajak untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap semua upaya menumbangkan Idiologi Negara, Pancasila, dan memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan semangat kebersamaan berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila.

Ditemui usai Upacara, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pati, Ali Arifin, yang bertindak selaku inspektur upacara mengatakan bahwa dengan hadirnya para ASN dan non ASN pada upacara ini, menjadi bukti kesetiaan kepada pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Republik Indonesia.

“Pancasila merupakan satu-sarunya ideologi yang sudah disepakati oleh para pejuang kita, baik pejuang berlatar belakang agama dan suku yang berbeda serta penggunaan bahasa yang berbeda,” ucap Ali Arifin.

Oleh karena itu, lanjut Ali, pegawai Kemenag Kabupaten Pati selaku bagian dari warga negara Indonesia wajib hukumnya untuk melaksanakan dan mengamalkan, serta mengimplementasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-sehari.

Diakhir nasehatnya, Ali Arifin berpesan kepada ASN dan non ASN Kemenag Pati untuk bekerja bahu membahu dan menjadi suri tauladan bagi tegaknya moderasi beragama di seluruh dunia.(at/Sua)