Kepala Kemenag Demak Buka Pelatihan Penguatan Moderasi Beragama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Demak – Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Demak, Ahmad Muhtadi, membuka kegiatan Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) Penguatan Moderasi Beragama, Senin (24/10).

Pelatihan yang bertempat di Aula Kemenag ini diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Semarang yang diampu oleh beberapa widyaiswara. Nantinya mereka akan membawakan materi tentang penguatan moderasi beragama.

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama 6 (enam) hari yang dimulai tanggal 24 dan ditutup pada tanggal 29 Oktober 2022. Peserta merupakan PNS yang berasal dari lingkup Kantor Kemenag Kab Demak, terdiri dari pejabat eselon 4, kepala madrasah dari berbagai jenjang, dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI).

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan, Ahmad Muhtadi menegaskan tentang visi misi Kementerian Agama, “Menurut Permenag No 18 Tahun 2020, salah satu misi Kemenag adalah memperkuat moderasi beragama dan kerukunan antar umat beragama,”.

Lebih lanjut, Kepala Kantor juga menjabarkan tentang muatan pesan keagamaan dalam moderasi beragama, “Ada tujuh pesan dasar yang perlu terus diagungkan, yaitu menjaga keselamatan jiwa, menjunjung tinggi keadaban mulia, menghormati harkat martabat kemanuasiaan, memperkuat nilai moderat, mewujudkan perdamaian, menghargai kemajemukan, dan menaati komitmen berbangsa,” jelasnya.

Sementara itu, mewakili Kepala BDK Semarang, Mustaghfirin selaku Ketua Penyelenggara, berharap seluruh materi nantinya dapat membawa manfaat bagi individu maupun kepentingan organisasi, “Yang paling penting, nanti materinya dapat tersampaikan dan dapat dipahami,”

Mengutip dari akun Instagram @bdksemarang, tujuan diselenggarakannya PDWK Penguatan Moderasi Beragama berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 93 tahun 2022 adalah untuk membentuk kader Moderasi Beragama bagi PNS Kemenag agar mampu mendiseminasikan Moderasi Beragama kepada pegawai lain di lingkungan tempat kerja dan warga sekitar di lingkungan tempat tinggalnya.bd