Kepala Madrasah Beri Reward Peserta Didik Saat Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Ada dua momen pentng dalam sejarah bangsa Indonesia yang berkenaan dengan Pancasila yaitu 1 Juni sebagai Hari Lahirnya Pancasila dan 1 Oktober  sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Segenap instansi pemerintahan, termasuk madrasah negeri sudah semestinya memperingati kedua Hari Besar itu. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila sebagai momentum persatuan bangsa dalam mempertahan Pancasila sebagai Dasar Negera dan Pemersatu Bangsa Indonesia. Hal ini ditandai dengan keberhasilan bangsa Indonesia dalam melawan G30S/PKI yang akan menghancurkan Pancasila.

Setelah membaca teks Kepala Madrasah memberi reward kepada dua peserta didik

Secara resmi Pidato Hari Kesaktian Pancasila dibacakan oleh Kepala Madrasah MTs Negeri 1 Kota Semarang pada upacara Hari Kesaktian Pancasila di halaman gedung Ruang Kelas Baru (RKB) pada hari Sabtu (01/10/2022). Upacara dimulai jam 07.00 WIB dan berakhir pada jam 07.45 WIB. Selanjutnya peserta didik menempuh Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil Tahun Pelajaran 2022/ 2023. Karena kebetulan bersamaaan dengan hari pertama PTS.

Suasana hikmat dan riang gembira menyaksikan pemberian reward langsung dari Kepala Madrasah, bagi peserta didik yang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Kepala Madrasah. “Sebutkan tiga pahlawan revolusi yang telah dibunuh oleh pasukan cakrabirawa!,” demikian pertanyaan dari beliau. Selang beberapa menit ada berapa peserta didik yang mengacungkan jari “Saya siap menjawab, pak,” kata Yasmin Alma Zahidah kelas IXA dengan lantang. “Sini…,” perintah Kepala Madrasah. Lalu Yasmin menjawab di depan mix pemimpin upacara dengan lantang. “Ahmad Yani, Pierre Tendean, dan Sutoyo Kartosasmito,” jawab sang peserta didik. “Benar….benar….,” teriak audien dan dibenarkan oleh Kepala Madrasah.

“Ada pertanyaan satu kali lagi…,” sela Kepala Madrasah. “Apa tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini?,” H. Kasturi melontarkan pertanyaan kedua. Tanpa menunggu lama peserta didik bernama Aisha Putri Kirania Artanti, yang sedang menjadi MC maju menghampiri mix di depan Instruktur Upacara seraya menjawab “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila,” tegas peserta didik yang Ketua OSIS dan juga kelas IXA ini. Hadirin bertepuk tangan meriah dan susasana menjadi ceria. Yasmin dan Rania langsung mendapat hadiah dari Kepala Madrasah.

Peserta didik mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila 01 Oktober 2022 dengan hikmat

Usai upacara bapak/ ibu guru memberi ucapan selamat kepada kedua anak yang telah telah berhasil menjawab pertanyaan Kepala Madrasah. “Pertanyaan seperti ini akan memancing perhatian untuk mendengarkan ceramah yang disampaikan dan memotivasi peserta didik agar dapat memahami arti penting kesakstian Pancasila,” tandas Hj. Muta’alimah, Waka Humas. (Humas Emtessa/bd)